Belajar Bersama di Sekolah Menulis

Apa sih sekolah menulis itu? Walah, sampeyan penasaran, apa lagi saya. He2…

Sekolah Menulis, ide ini datang dari Cak Hadi Setiawan, yang kemarin mandegani acara Pelatihan Jurnalistik oleh Komunitas Benjeng Pribumi pada bulan November 2014. Kegiatan ini menjawab tantangan bahwa menulis itu harus dilatih terus menerus. Teori sebagus apapun yang diterima peserta di Pelatihan Jurnalistik kemarin, tidak akan berguna jika tidak dipraktikkan.

Karenanya, Sekolah Menulis ini adalah bagian tindak lanjut dari pelatihan jurnalistik. Peserta diminta menulis satu artikel, lalu nanti tulisannya akan direview oleh narasumber yang kompeten. Kelebihan dan kekurangan hasil tulisan peserta akan menjadi masukan untuk perbaikan tulisannya.

Bulan ini, Komunitas Benjeng Pribumi, kembali mengadakan kegiatan jurnalistik, yaitu Sekolah Menulis. Waktunya sangat pas di hari libur. Minggu, 14 Desember 2014, pukul 09.00 WIB, bertempat di Balai Desa Kalipadang (Jalan Raya Ploso). Narasumber yang dihadirkan Aan Haryono, wartawan Sindo Surabaya. Pengisi acara ini prestasinya luar biasa, antara lain juara jurnalis muda di event nasional, penulis kumpulan cerpen “Pagupon”, dan aktif sebagai narasumber menulis remaja.

Acara ini terbuka untuk umum, khususnya generasi muda Benjeng. Bagi teman-teman yang senang menulis, atau mau belajar menulis dengan baik, mari ikut acara ini. Biaya GRATIS. Khusus teman-teman yang sudah ikut Pelatihan Jurnalistik kemarin, harus ikutan. Supaya ilmunya bisa langsung dipraktekkan dan lebih bermanfaat.

Syaratnya sangat mudah. Peserta harus menulis tentang tradisi desa dan kisah-kisah kearifan lokal di sekitar kita. Bisa bertema sejarah desa, budaya lokal, bahasa-bahasa unik sehari-hari, makanan tradisional, dan sebagainya. Panjang tulisan minimal 1 halaman A4, sepasi 1½, font ukuran 12. Hasil tulisan kirim ke email sangpemimpi64@gmail.com atau inbox facebook Hadi Setiawan. Mohon dikirim paling lambat 10 Desember 2014, supaya narasumbernya bisa mereview semua tulisan peserta.

Jangan takut tulisanmu jelek, karena tulisan kalian nanti akan dibahas langsung oleh narasumber yang kompeten. Diajari dan dibimbing langsung supaya menjadi tulisan yang lebih baik. Format diskusi langsung, lesehan, lebih nyantai. Ya seperti kita ngopi bareng di warung kopi. Tapi nggak sekadar ngobrol saja, malah kita dapat tambahan ilmu yang bermanfaat. Insya Allah…

Saya, Insya Allah menjadi salah satu pesertanya. Saya berharap tulisan yang akan saya kirim nanti, mendapat masukan dan perbaikan dari narasumber. Dulur, Mari kita belajar bersama di Sekolah Menulis. Untuk menginspirasi dan menumbuhkan kreatifitas pemuda dalam berkarya. Salam Generasi Muda Benjeng…

0 Responses to “Belajar Bersama di Sekolah Menulis”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: