Ber-Ramadhan Yuk…

Alhamdulillah, dapat bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat, maghfirah, dan ampunan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial bagi umat islam. Semoga ramadhan tahun ini kita semua mendapat hikmah yang semakin menambah iman kita, amin.

Mengingat masa kecil ketika di bulan Ramadhan. Paling malas jika dibangunkan untuk makan sahur. Dengan mata masih sayu, jalan masih sempoyongan, “nyawa” masih belum genap, pergi ke meja makan. Tanpa cuci muka langsung ambil nasi dan lauk seadanya dipiring, langsung santap. Sambil nonton tv, acara komedi, membuat mata semakin melek.

Setelah makan sahur, saatnya imsak menjelang adzan shubuh. Biasanya tidur lagi, bahkan bablas sampai jam tujuh pagi, kalau tidak ada yang bangunkan. Supaya tidak ngantuk, saatnya berangkat ke masjid sholat shubuh. Di bulan ramadhan ini anak-anak semangat berjamaah sholat shubuh di masjid. Iya karena yang membuat semangat adalah aktifitas setelah seholat, yaitu jalan-jalan.

Bubaran sholat, sarung dislempangkan di pundak, lalu pergi bareng sama teman, jalan-jalan pagi. Suasana canda tawa bersama banyak orang menjadi ramai, apalagi bertemu dengan banyak kelompok-kelompok lain, terutama lawan jenis, yang sedang menikmati segarnya udara pagi. Setelah matahari mulai muncul dari peraduannya, waktunya untuk pulang.

Seperti hari-hari biasa, bermain adalah kesukaan anak-anak, tidak terkecuali di bulan Ramadhan. Namun sebahian anak-anak membatasi aktifitas fisik mereka, kuatir tidak kuat sampai waktunya berbuka nanti. Menjelang adzan dhuhur, bagi yang “poso bedug” (puasa setengah hari) mereka sudah siapkan hidangan “berbuka”. Maka ketika ketika adzan dhuhur terdengar dari masjid dan mushola, mereka langsung santap makanan dengan lahapnya.

Setelah “berbuka siang”, saatnya sholat dhuhur berjamaah di masjid/mushola. Setelah sholat, ini adalah aktifitas yang menyenangkan, tidur siang di mushola. Karena tengah hari, biasanya panas, anak-anak enggan pulang ke rumah, mereka tetap di masjid. Ada yang ngobrol ngalor ngidul, atau tiduran di mushola yang lantainya dingin, sampai waktu sholat ashar.

Setelah mandi sore, menjelang adzan maghrib, anak-anak kembali ke masjid. Karena di sini sudah disiapkan ta’jil, makanan dan minuman untuk berbuka puasa, biasanya lebih enak daripada ta’jil di rumah. Apalagi makannya rame-rame, apapaun makanan dan minumannya semuany jadi maknyus…

3 Responses to “Ber-Ramadhan Yuk…”


  1. 1 Indra Gunawan Agustus 5, 2011 pukul 8:59 am

    Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan cak Mamad..

  2. 2 musyafucino Agustus 15, 2011 pukul 9:27 am

    Happy Ramadhan For All🙂
    musyafucino.wordpress.com

  3. 3 don15 November 6, 2011 pukul 4:19 pm

    berhubung sudah suasana lebaran..minal aidzin walfaidzin mas…😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: