Agustusan dan ‘Posoan’

Sekarang memang masih Juli, masih di pekan pertama, awal bulan. Agustus masih relatif lama, satu bulan lagi. Bulan depan adalah tradisi perayaan kemerdekaan negera Republik Indonesia. Selain seremonial upacara di lapangan kecamatan oleh pegawai dinas instansi, tradisi kemeriahan di dusun-dusun adalah lomba-lomba khas Agustusan oleh anak muda karang taruna.

Namun kebetulan, Agustus nanti juga bersamaan dengan awal bulan Romadhon. dan biasanya kalu bulan puasa, kegiatan-kegiatan fisik biasanya dikurangi, dan kegiatan ibadah di malan hari semakin ditingkatkan. Praktis, kegiatan lomba-lomba khas tujuhbelasan untuk anak-anak yang relatif membutuhkan fisik yang lebih biasanya juga “diliburkan”.

Namun beberapa teman-teman karang taruna yang masih tergugah semangat juang 45, masih merayakan tradisi perayaan Agustusan untuk adik-adik dan anak-anak di lingkungan mereka. Mereka melaksanakannya di bulan sebelum Agustus yaitu Juli, supaya tidak bersamaan Romadhon. Dan sebagian kecil lainnya setelah bulan Agustus, yaitu September. Saya salut untuk mereka, saya tahu susahnya menunaikan “tugas kecil” tersebut, karena saya pernah menjadi bagian panitia ‘tujuhbelasan’ di kampung.

Bagi saya tradisi perayaan Agustusan sangat bagus untuk memupuk nasionalisme. Sebisa mungkin kita peringati dengan meriah. Kalaupun tidak, minimal secara sederhana, tapi jangan sampai tidak sama sekali.

Selamat menyongsong peringatan Hari Kemerdekaan Ke 65 RI dan selamat menyambut bulan Romadhon 1432 H…

3 Responses to “Agustusan dan ‘Posoan’”


  1. 1 peyek Juli 4, 2011 pukul 3:04 pm

    Jujur saja mas, dikota semakin sulit ditemui perayaan agustusan seperti itu, apalagi agustusan sekarang berbarengan dengan posoan, padahal sampeyan kan tahu, tempat saya tinggal nggak ke-kota-kota-an, atau lebih mirip ndeso sok kota?, hehehe….😀

  2. 2 Sa Cakep Juli 20, 2011 pukul 9:27 am

    Di Benjeng banyak pejabat yang baru apa gak anda edit

  3. 3 agos Juli 22, 2011 pukul 1:10 pm

    alhamdulilah
    di tempat saya bisa,
    biar dana sdikit .,tapi tetep rame,,meriah pisan ,.,

    merdekaaaaa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: