Kuliner Benjeng

Perjalanan kemanapun jangan lupa sarapan dulu. Kalau tidak sempat, mampir dulu sebentar, ke warung makan. Kalau kebetulan mampir di Benjeng Gresik, banyak warung makan enak untuk dicoba. Di bawah ini beberapa yang bisa saya catat dan pernah saya cicipi. Terutama yang berada di jalan raya arteri.

Bakso Ati Kalisari
Depot bakso yang satu ini sangat terkenal sampai ke luar kota. Ketenarannya melebihi kesuwurnya Kecamatan Benjeng. Terletak di jalan raya Kedungrukem, namun orang-orang lebih senang menyebutnya Bakso Kalisari, karena letaknya memang lebih dekat menuju jalan masuk Kalisari daripada Kedungrukem.

Bakso yang satu ini terkenal karena ukurannya jumbo. Dan rasa dagingnya lebih terasa. Karena memang campuran daging lebih banyak. Dari tukang bakso se-Benjeng dan Balongngpanggang, Bakso Ati Kalisari campuran dagingnya paling tinggi. Info ini saya dapat dari tukang selep daging bakso langganan Bakso Ati Kalisari dan tukang bakso lainnya.

Ada nama Ati, dahulu memang ada campuran hati yang diiris kecil-kecil di pentolnya, namun sekarang sudah tidak lagi, hanya daging plus tepung kanji. Namun nama Bakso Ati sudah kadung popular dan menjadi brand tersendiri. Lokasi depot bakso sangat bagus, romantis, suasana alam sangat terasa, karena sekitarnya masih areal sawah.  Namun sekarang sudah banyak bangunan di sekitarnya.

Warung Nami Kedungrukem
Bagi yang suka soto jeroan dan rawon, warung Bu Nami Kedungrukem bisa menjadi pilihan. Jeroan menjadi makanan favorit wong Benjeng, yang notabene tiap harinya mengkonsumsi sayur mayur, seperti saya. Halaman parkir yang luas, warung ini sering dikunjungi sales-sales yang berkendara mobil boks.

Warung Bu Nami juga menjadi langganan pesanan nasi kotak untuk rapat dan kegiatan lain. Bu Nami juga sering menerima pesanan ayam panggang untuk tumpeng.

Depot Yayak Ngablak
Yang paling terkenal dari warung ini nasi bebek dan nasi goreng, rasanya enak. Selain juga menyediakan bakso. Warung ini cukup terkenal karena sudah sejak lama berdiri, mungkin menjadi pionir warung makan di Kecamatan Benjeng. Pak Yayak, yang punya warung, asli Tasikmalaya, mungkin itu menjadikan warungnya terkenal ,selain dari rasanya yang memang yahud.

Pecel Lele Cak Kentung
Cak Nur, pemilik warung, orangnya gendut seperti tokoh Kentung di sinetron Tuyul dan Mbakyul, makanya dijuluki Cak Kentung. Warung kecil ini terletak di Jalan Raya Benjeng sebelah telaga Benjeng.

Menu favoritnya, pecel lele, tempe penyet plus telur. Yang spesial bumbu uleknya yang mantap. Lauk dan bumbu disajikan di cowek, terpisah dari nasi panas di piring. Celup tangan di kobokan, makan muluk tanpa sendok, lebih terasa nikmatnya.

Warung Mbak Sri KUA
Di seberang Kantor Urusan Agama Benjeng, terdapat warung kecil bercat hijau. Menunya kare, sayur lodeh, dan sayur asem. Lauknya ayam goreng. Yang menarik, penyajian lauknya, ayam goreng, disajikan terpisah dari nasinya. Irisan ayam gorengnya besar, ditaruh di atas piring, pembeli bisa mengambil lauk sejumlah yang diinginkan.

Warung Mataji Pasar Benjeng
Terletak di stan Pasar Benjeng. Di papan nama tertulis Depot Maya, tapi orang lebih sering menyebutnya Depot Mataji. Menu favorit soto ayam, soto babat, bakso dan krengsengan. Warung ini sangat strategis berada di pusat bisnis, Pasar Benjeng.

Beberapa warung makan yang saya catat di atas, ini sebagian kecil yang saya tahu. Saya yakin masih banyak warung makan enak di Benjeng untuk dinikmati. Silakan menambahi catatan saya, terima kasih.

10 Responses to “Kuliner Benjeng”


  1. 1 cakpen Desember 22, 2010 pukul 12:05 pm

    wah jadi ngiler cak eling jaman sak mono, aku wis ngrasakno bakso ati karo mataji, tapi sing liyane urung…agak jauh ke timur ada juga lo di daerah ngering ada yang kualan nsi rawon dan bakso, rasane mak nyoss..mantab. Nek muleh aku sering mampir rene….mugo mugo taun ngarep klakon …

  2. 2 Indra Desember 23, 2010 pukul 9:00 am

    suwun cak infonya soale yg.disebutkan tsb saya belum pernah semua kesana…kalo ada kesempatan pingin nyoba yang bakso ati kalisari dan warung nami kedungrukem….

  3. 3 Afan Priyo Prambon Januari 5, 2011 pukul 9:32 am

    Wah nek soal Bakso Kalisari memang benar – benar Joos. kebetulan keluargaku penggemar Bakso, jadi sudah hampir merasakan semua bakso – bakso yang terkenal, tapi bakso Kalisari masih satu tingkat.dan sudah dapat dipastikan setiap dua minggu sekali kalau lagi mudik ke Prambon pasti menyantapnya.

  4. 4 ninik Maret 21, 2011 pukul 11:56 am

    Warung bebek goreng samping rumah pak dokter di bulurejo udah disebutin belum yah??????

    Salam kenal, eyang saia orang bejeng ^.^

  5. 5 novhietha Juli 20, 2011 pukul 5:14 pm

    sepertinya q gk tw smwnya tmpat2 itu2,,apalagi warung nami kedungrukem,dimana ituuuuu,,,,,????

  6. 7 cicik Desember 31, 2011 pukul 4:47 am

    Saran gan..Warung citoner sebelah sekolahan Smp negeri 1 benjeng, mantap jg, boleh dicoba, q pernah makan tahu campur ma nasi goreng nya enak, sekarang lagi pengen makan bakso penyet nya.. kayanya enak.. ^^

  7. 8 ilyasafsoh.com Desember 31, 2011 pukul 7:55 pm

    sippp

  8. 9 ardiansyah Maret 7, 2012 pukul 7:17 pm

    Ada fotonya gak untuk warungnya….

  9. 10 kang david Maret 8, 2012 pukul 1:04 pm

    ayo mari kita tingkatkan wisata kuliner di benjeng, karena apa? karena benjeng adalah salah satu jalan strategis yang menghubungkan antar kota ,yakni lamongan,dan mojokerto…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: