HUMAS Vs SQ di MK

Hari ini masyarakat Kabupaten Gresik sedang menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi tentang Pelaksanaan Pencoblosan Ulang Pilkada Gresik di 9 Kecamatan. Bagaimana hasil akhir keputusan MK? Saya juga bingung memperkirakan hasilnya nanti. Namun dari beberapa informasi berikut ini mungkin anda bisa meramal sendiri kira-kira keputusannya seperti apa.

Dari pelaksanaan coblos ulang pada pemilukada Gresik hasilnya sebagai berikut: BANI 5,75%, Mujitabah – Suwarno 0,93%, SQ 46,71%, Monash 2,68%, HUMAS 40,98%, S2BY 2,94%. Perolehan suara terbanyak di raih SQ 285.492 suara dan pesaing terdekatnya HUMAS 250.480 suara, selisihnya 35.012 suara.

Dari hasil pelaksanaan coblos ulang pemilukada Gresik, beberapa pihak ada yang mengajukan keberabatan dan gugatan. Terutama tim pemenangan Humas dan tim pemenangan SQ.

HUMAS
Dari tim humas melaporkan keberatan dan gugatan ke MK. Diantaranya money politik, Black campaign, kampanye terselubung, Keterlibatan aparat. Dengan dasar itu, kubu Humas mengajukan tuntutan berat. Tim pemenangan pasangan itu minta MK mendiskualifikasi pasangan SQ.

SQ
Tim pemengan SQ mempunyai pendapat sendiri, bahwa gugatan humas tidak punya dasar hukum. Karena keputusan MK kemarin adalah final dan mengikat. Final artinya tidak ada gugatan baru dalam kasus yang sama. Apabila ada gugatan baru itu ranahnya hukum administrasi atau pidana umum.

Tim SQ juga melaporkan pelanggaran pemilukada. Antara lain: Money politics, keterlibatan aparat. Selain itu penyelenggaraan Pemilukada termasuk Panwaslu dengan dibantu oknum kepolisian mencopoti spanduk yang dipasang LSM tentang sosialisasi putusan MK. Selain itu, KPU dan Panwas tidak melakukan sosialisasi putusan MK, justru sebaliknya Humas menjelekkan MK dengan mengatakan Humas didholimi.

Faktor-faktor Keputusan MK
Menurut Panitera MK, Zaenal Arifin, MK tetap menerima semua gugatan yang diajukan. Apakah nanti disidangkan atau tidak, bergantung beberapa faktor. Bakal diterima tidaknya gugatan tersebut bergantung kesepakatan para hakim konstitusi. Kesepakatan itu bakal dibuat MK dalam agenda RPH (rapat permusyawaratan hakim). Hasil RPH itulah yang jadi dasar utama. MK hanya menindaklanjuti pelanggaran pilkada yang dianggap serius dan berpotensi mengubah hasil suara. Tidak semua pelanggaran kami jadikan pertimbangan. Intinya, pelanggaran itu harus benar-benar mengandung unsur terstruktur, masif, dan sistematis

Keputusan MK di Pilwali Surabaya
Melihat kasus yang sama, coblos ulang di wilayah Kota Surabaya, dalam keputusan akhir MK terhadap keputusan sela, MK langsung menetapkan hasil pelaksanaan Pilkada Ulang oleh KPU. Namun dari pihak pemohon memang tidak mengajukan gugatan/keberatan. Itu terlihat dalam putusan sidang yang bisa didownload di website MK.

Perkiraan keputusan
Dari minimnya informasi yang saya ketahui melalui media tentang kasus ini, maka keputusan MK ada beberapa kemungkinan. Antara lain:

  1. Menerima dan mengesahkan hasil pelaksanaan KPU Gresik. Karena keputusan sela kemarin dalah bersifat final dan mengikat. Final artinya tidak ada gugatan baru dalam kasus yang sama.
  2. Tidak menerima hasil pelaksanan coblos ulang KPU Gresik. Apabila terdapat pelanggaran yang sistematis terstruktur dan masif yang bisa dibuktikan oleh Termohon (Tim Humas).

Adapun dalam hal tidak menerima hasil coblos ulang maka ada beberapa kemungkinan keputusan lanjutan

  • Menghapus suara di beberapa wilayah yang terdapat pelanggaran.
  • Atau menghapus suara di semua wilayah coblos ulang (9 kecamatan)
  • Kemungkinan lainnya adalah coblos ulang lagi. Tapi menurut saya itu sangat kecil kemungkinannya.

Nah, menarik menanti keputusan MK hari ini. Anda pasti punya perkiraan dan analisa sendiri. Apapun keputusannya semoga semua pihak menerima dengan ikhlas dan lapang dada. Semoga Kabupaten Gresik tetam aman dan kondusif. Siapapun Bupatinya semoga membawa kota kita lebih maju…

10 Responses to “HUMAS Vs SQ di MK”


  1. 1 Suwandi Agustus 25, 2010 pukul 12:33 pm

    Sudahlah rakyat sudah lelah melihat polemik ini semoga ada rezim baru yang mampu melihat hati nurani semua lapisan masyarakat bahwa pemerintahan Kab Gresik untuk semua golongan atau lapisan masyarakat sehingga tidak ada lagi yang melakukan diskriminasi keputusan-keputusan politik oleh pihak eksekutif

  2. 2 suwandi Agustus 25, 2010 pukul 9:11 pm

    ADA KABAR DARI TEMAN BAHWA PUTUSAN MK atas Pemilukada Gresik menyatakan Sambari_Qosim Sebagai pemenangnya. Jaga persatuan tuk membangun Gresik lebih Baik.Laporan dan keberatan pihak lainnya tidak mempunyai nilai bukti yustisial karena tidak diperiksa secara terbuka dalam persidangan sehingga tidak dapat dijadikan dasar… putusan.

  3. 3 sangpenjelajahmalam Agustus 26, 2010 pukul 10:31 am

    Salam kenal

  4. 4 suwiji haryoyok Agustus 26, 2010 pukul 8:59 pm

    sekarang semua sudah jelas kewajaran demokrsi murni sudah tampak semoga rakyat tidak di bodohi dengan janji dan uang

  5. 5 Ahmad Agustus 26, 2010 pukul 11:26 pm

    apapun hasil keputusan mahkamah konstitusi harus kita hormati bersama. pengambilan keputusan mahkamah konstitusi dari RPH ( Rapat Permusyawaratan hakim )sudah dipimpin oleh orang – orang yang independen.

  6. 6 cakpii Agustus 27, 2010 pukul 6:34 am

    nek jare rakyate, sopo ae sing menang podo ae, sing penting perhatian gawe rakyate koyo opo….
    janji waktu kampanye tinggal janji, sekarang saatnya bagi sang pemenang untuk membuktikan janjinya

  7. 7 peyek Agustus 31, 2010 pukul 11:08 am

    di setiap pemilukada, banyak yang bertanya soal keberpihakan, nah… kira-kira sampean ada dipihak yang mana? hehehehe….😀

  8. 8 ilyasafsoh.com September 1, 2010 pukul 11:12 am

    berpihak pada pemenang ???

  9. 9 zay September 6, 2010 pukul 10:55 am

    becik ketek olo ketoro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: