Puasa ndak Harus Lemas

Alhamdulillah sudah masuk bulan romadhon. Menahan hawa nafsu hal wajib dan utama dalam menjalan kan ibadah puasa. Tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi lebih dari itu perilaku harus dijaga dan frekuensi ibadah lebih ditingkatkan.

Menurut saya pribadi, menahan lapar dan haus adalah hal yang tidak terlalu sulit. Apalagi bagi orang yang kerja kantor, tentu tidak seberat pekerja kasar seperti kuli atau petani yang bekerja di bawah terik panas matahari.

Niat puasa juga harus dibenahi. Beri motivasi dan sugesti kepada diri bahwa puasa harus tetap semangat. Mungkin yang berat adalah menahan hawa nafsu, bahkan sekadar ngrasani (menggunjing) kalau bisa jangan.

Beberapa hari lalu, masih dibulan puasa juga, saya sempat ngrasani teman-teman kantor yang sedang berpuasa. Menurut saya puasa mereka seperti anak SD. Badan lemas dan itu kelihatan banget (seperti memang diperlihatkan kalau lagi puasa), tidak semangat beraktivitas, kalau habis sholat dhuhur pasti tiduran di mushola. Padahal kalau tidak di bulan romadhon, pagi ndak sarapanpun mereka ndak lemes-lemes amat…🙂

Ndilalah besoknya, saya sendiri yang merasakan lemesnya di bulan puasa. Yang paling terasa adalah lapar, setelah laparnya hilang, lemesnya datang. Hari itu saya benar-benar merasakan tantangan berpuasa, dan alhamdulillah saya bisa bertahan sampai adzan maghrib tiba.

Malam harinya saya berpikir mungkin karena ngrasani teman-teman kantor kemarin, akhirnya kena sendiri ke saya. Benar kata orang, jangan menggunjing orang apalagi di bulan puasa, ga ilok he2… Selain itu memang aktifitas saya seharian pada waktu itu cukup menyita fisik dan tenaga, sehingga menurunkan stamina cukup besar.

Semoga puasa kita diterima Allah, menjadikan hikmah bagi kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa, dan tetap semangat…!

1 Response to “Puasa ndak Harus Lemas”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: