Gambaran Umum Kecamatan Benjeng

Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, adalah wilayah pedesaan. Sebagaimana wilayah perdesaan, secara umum kegotong-royongan masih sangat terjaga di seluruh wilayah Benjeng, terutama antar tetangga dalam satu desa. Walaupun arus informasi dan globalisasi semakin deras, namun kekeluargaan khas masyarakat desa tidak luntur. Adat istiadat yang tidak bertentangan dengan ajaran agama masih berkembang dan dilestarikan, semakin menambah khasanah budaya masyarakat jawa di wilayah Benjeng.

Walaupun tingkat desa, namun sarana prasarana pembangunan relatif lebih baik. Seluruh jalan poros desa yang menghubungkan antar desa sudah dipaving. Hampir sudah tidak ada lagi jalan tanah, sebagian besar sudah diperkeras dengan sirtu atau batu. Wilayah Benjeng dilalui 2 angkutan umum menghubungkan dengan Surabaya dan Gresik kota.

Sarana informasi dan komunikasi cukup lengkap. Sebagian besar jaringan telekomunikasi dapat diterima dengan sinyal baik di wilayah ini. Saat ini penggunaan internet juga pesat berkembang, terbukti dengan menjamurnya warung internet di beberapa tempat.

* Geografis
Kecamatan Benjeng termasuk bagian selatan Kabupaten Gresik, arah barat daya. Dari ibu kota Gresik berjarak 28 KM. Luas wilayah Kecamatan Benjeng 6.128,43 Ha. Terbagi atas : tanah sawah/pekarangan 91,07% Tambak 3,05% dan lainnya 5,88%. Ketinggian daerah rata-rata + 4 meter di atas permukaan laut.

*Kependudukan dan Pekerjaan
Jumlah penduduk laki laki 29.566 jiwa, perempuan 29.647 orang. Sedangkan jumlah Kepala Keluarga 17.045 KK.

Jenis pekerjaan secara umum dapat dibagi menjadi tiga jenis. Petani 14.466 orang (62,27%), pekerja di sektor jasa/perdagangan 4.630 orang (19,93%), pekerjaan di sektor industri 4.136 orang (17,80%).  (sumber data: Profil Kecamatan Benjeng 2009)

Wilayah Kecamatan Benjeng daerah agraris, mayoritas pekerjaan warga di bidang pertanian. Tidak sedikit pula petani mempunyai pekerjaan sampingan, misalnya berdagang dan lain-lain.

*Pertanian dan Peternakan
Sistem pengairan pertanian mengandalkan air tadah hujan. Padi menjadi tanaman utama pada setiap awal musim hujan. Sedangkan menjelang akhir musim hujan atau menjelang kemarau ditanami jagung atau palawija. Sebagian kecil ditanami sayur-mayur (bayam, kangkung, sawi), dan perkebunan tebu. Areal pertanian lainnya adalah tambak, paling banyak di daerah Benjeng Utara.

Selain pertanian, juga ada peternakan. Yang paling besar umumnya adalah peternak ayam pedaging dan petelur, selain itu ada rojokoyo kambing dan sapi.

*Kesehatan
Sarana prasarana kesehatan di Kecamatan Benjeng relatif terpenuhi. Ada 2 unit puskesmas, melayani desa bagian selatan dan utara. Didukung dengan 3 unit Puskemas Pembantu, dan Bidan desa di 23 desa.

Perilaku hidup sehat warga Benjeng berkembang sangat bagus. Kebiasaan lama seperti mandi di kolam (jublang) dan jamban terbuka, jumlahnya sudah jauh berkurang.

Sumber air bersih warga mengandalkan air tadah hujan dan telaga air minum. Pada saat musim hujan warga menyimpan air hujan di penampungan, untuk konsumsi sampai beberapa bulan ke depan. Namun mayoritas warga yang belum mempunyai penampungan besar, mereka memanfaatkan air bersih dari telaga khusus untuk minum, yang sebelumnya di rebus terlebih dahulu.

*Banjir
Benjeng sangat terkenal dengan bencana alam banjir tiap tahunnya. Terdapat sungai besar yaitu Kali Lamong. Apabila musim hujan airnya melimpah hingga meluber menyebabkan banjir ke areal sawah dan pemukiman. Kali Lamong jurusan dari Lamongan dan Mojokerto, walaupun di Benjeng tidak ada hujan, kadang-kadang banjir kiriman datang apabila di wilayah hulu hujan sangat deras. Banjir Benjeng cepat surut dalam hitungan hari, rata-rata 1 – 2 hari.

Bencana alam banjir, tentu mengganggu dan menghambat kegiatan masayarakat. Tidak jarang  juga merusak areal sawah, fasilitas umum, dan sarana prasarana warga. Kerugiannya apabila dinilai dengan rupiah tentu tidak sedikit. Yang jelas banjir mengakibatkan kerugian bagi masyarakat.

10 Responses to “Gambaran Umum Kecamatan Benjeng”


  1. 1 camera Juni 22, 2010 pukul 9:12 pm

    lengkap juga..

    hebat,,,mengenal baik kondisi dearah sendiri…

  2. 3 gbc Juni 24, 2010 pukul 7:50 pm

    slogan membangun desa menata kota.
    ?

  3. 6 nikkita Agustus 9, 2010 pukul 1:22 pm

    trimah kasih bwt informasinya. sngt mmbantu sekali untuk tgs akhir saya

  4. 8 rifai September 27, 2012 pukul 8:47 pm

    saya sebagai warga kecamatan benjeng mengusulkan agar aspek historisnya lebih lengkap dalam meninjau info yang pyn tulis disini,,,,
    karena apa, mutlak diperlukan aspek geografi-sejarahnya, aspek kdaerahannya,,,

  5. 9 kis ( smp ma'arif NU Benjeng ) September 26, 2013 pukul 3:28 pm

    Saya anak Surabaya Чªлб pernah belajar ϑĭ sana…. Trims jd mengenang masa lalu.. Tp knapa kebudayaan Ɣǟ♌ƍ ada ϑĭ sana tidak diangkat… Semisal adanya lomba pawai karnaval, atau kerohanian Ɣǟ♌ƍ kental ϑĭ Benjeng… Trims.. Ĵчğå jangan lupa bahwa benjeng itu kota kecamatan Ɣǟ♌ƍ ramah dan salah satu pusat perniagaan….

    • 10 mybenjeng September 27, 2013 pukul 1:19 pm

      @KIS:
      terima kasih bnyk saran dan masukkannya. iya tulisan diatas adalah gambaran singkat dari Benjeng. masih banyak yg blm diangkat. insya allah saya akan tulis dari aspek lain seperti yang anda rekomendasikan. maturnuwun, nedo nrimo…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: