Saya Aseli Nggersik

Seberapa banyak anda mengucapkan nama-nama kota kecil di kota giri dengan lafal yang benar-benar betul. Misalnya: “Benjeng, Duduksampeyan, Driyorejo, Bungah, Dukun”. Dalam perbincangan bahasa cangkrukan sehari-hari kata tersebut pasti ada embel-embel atau penekanan didepannya, menjadi “Mbenjeng, Nduduk, Ndriyo, Mbungah, Ndukun”, iyo toh…

Tapi yang lebih unik (parah) adalah orang-orang mengucapkan kota pudak ini, Gresik menjadi “NGGERSIK”… Hanya dalam acara-acara resmi saja, Gresik diucapkan dengan benar. Kalau masuk dalam perbincangan bahasa sehari-hari dan cangkrukan warung kopi,  kata gresik kalau tidak dilafalkan “ngggersik” barangkali nggak mantap.

Walaupun tidak sesuai dengan kaidah EYD, toh tidak masalah, yang penting lawan bicara anda mengerti dengan apa yang anda maksudkan. Kalau sampeyan sampai hari ini masih terbiasa melafalkan Nggersik atau Mbenjeng…. Berarti anda memang benar-benar aseli wong nggersik…😀

12 Responses to “Saya Aseli Nggersik”


  1. 1 doni Oktober 30, 2009 pukul 3:11 pm

    Wah…..nggresik itu tempa kerja ibu saya mas….!!!

  2. 3 andy November 1, 2009 pukul 5:58 pm

    Kalau saya bukan asli gresik. Karena saya lahir di Surabaya tapi tinggalnya di Benjeng…hehehehehe

  3. 4 Asli November 4, 2009 pukul 10:22 am

    orang nggersik ASHLI selalu bilang ASHLI pake Shot!.😀

  4. 5 aliyulwafa November 4, 2009 pukul 3:10 pm

    salah kaprah opo bener kaprah mas..? gpp mas, tapi salah ucap iso dasi salah arti mas. Kalo Gresik khan dari kata GiRi giSIK yang artinya kota yang berada di antara Giri (bukit) dan pantai (Gisik), lha kalo nggersik opo artine yooo…?

  5. 6 doni November 13, 2009 pukul 6:23 pm

    Wah emang itu ciri khas orang jawa mas medok !

  6. 7 ilyasafsoh.com November 17, 2009 pukul 9:42 am

    apa maneh NDriyorejo
    🙂

  7. 8 Hasan Desember 18, 2009 pukul 1:09 pm

    gersik seger lan resik? he he he

  8. 9 mahardika Januari 26, 2010 pukul 1:25 pm

    please your search for history lundo fillage in district Benjeng , may be that fillage have conection with united Kingdom,

  9. 11 cakpen91 April 19, 2010 pukul 6:45 pm

    Bener luwih mantep ngomong NGGRRESIKKK…

  10. 12 mukhlisin Juni 18, 2010 pukul 1:42 am

    waduh wong benjeng kok on air!!!!! hebattt
    bikin komunitas donggggggg
    beear bisa sering


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: