Juragan Selep Benjeng

Di setiap tempat pasti ada peluang bisnis/usaha, begitu pula di Kecamatan Benjeng. Tidak sedikit warga pendatang yang memanfaatkan peluang bisnis di sini, antara lain tempe penyet dan nasi boran Lamongan, potong rambut Madura, es rumput laut Sunda. Mungkin satu yang kurang, masakan Padang, masih belum ada di sini.🙂

Untuk jenis usaha tersebut sebagian besar terdapat di ibu kota kecamatan, yang tempatnya ramai sehingga usaha apapun relatif bisa berjalan dengan lancar dan menjanjikan. Sedangkan di tempat yang jauh dari ibu kota kecamatan, masing-masing desa memiliki potensi usaha yang berbeda-beda. Namun usaha yang pasti ada di setiap desa di Benjeng yang mayoritas petani, adalah Penggilingan Padi.

Di setiap desa se-Kecamatan Benjeng, banyak berdiri usaha penggilingan padi (selep). Melayani warga petani yang mengupas gabah menjadi beras untuk konsumsi sehari-hari, maupun untuk sumbangan (buwuhan) di musim hajatan. Pengusaha selep mendapat upah jasa setiap kilo beras, dan keuntungan lain yaitu sekam dan dedak/katul yang bisa dijual lagi.

Yang lebih menguntungkan juragan selep mereka membeli gabah dari petani, kemudian di giling menjadi beras, lalu di jual kembali ke pasar dengan nilai lebih besar. Mulai dari utara sepanjang Desa Jatirembe, Punduttrate, Metatu, Klampok, Benjeng, sampai ke arah barat, Kedungrukem, Kalipadang, banyak berdiri selep dengan kapasitas produksi penggilingan padi yang cukup besar.

Bagi anda yang berminat menjadi juragan selep, jangan kuatir, masih banyak  tempat untuk penggilingan padi dan masih banyak tenaga/kuli dari warga sekitar yang siap dipekerjakan…

6 Responses to “Juragan Selep Benjeng”


  1. 1 nggresik September 3, 2009 pukul 5:27 pm

    Cak kulo kepingin dhadi juragan selep, butuh modal piro cak..?

  2. 2 det September 4, 2009 pukul 10:14 am

    wah peluang bisnis baru kah ini kang?

  3. 3 cakpen91 April 19, 2010 pukul 6:42 pm

    coba yang mau punya selep, mblusuk o nang ndeso ndeso arah kidul, mbulang, gluran, randegan mungkin sik ake sing perlu lan baru sedikit yang punya.

    Salam Cakpen

  4. 5 rama Mei 19, 2010 pukul 9:20 am

    Mas penjualan dari sisa katul dan sekem kan banyak dan peluang masuk BULOG gimana…..

  5. 6 hendri September 18, 2010 pukul 8:39 pm

    suioggiergjjgqw0o iw3 gip0tf rt3i0eig nrweaj;ajltiowjtaiowerpeotr


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: