My Baby…

Di setiap keluarga yang baru saja mendapatkan tambahan satu anggota keluarga baru, yaitu kelahiran seorang bayi, maka di depan rumah selalu di beri kurungan dan di malam hari kurungan tersebut diberi penerangan lampu.

Di bawah kurungan, telah ditanam ari-ari (plasenta) bayi. Bagi masyarakat Jawa ari-ari diyakini sebagai saudara kandung, makanya harus diperlakukan dengan cara tertentu, agar tidak menjadi pembawa sial bagi si jabang bayi.

Dalam falsafah Jawa, dikenal dengan Dulur Papat Limo Pancer, kira-kira artinya: empat saudara yang kelima adalah pusatnya. Dulur papat tersebut adalah: marmati, kawah, ari-ari dan getih/rahsah. (1) marmati, artinya samar mati atau rasa khawatir meninggal. (2) kawah atau air ketuban. (3) ari-ari atau plasenta. (4) getih/rahsa atau darah. Dan (5) semua berpusat di pusar sang bayi.

Tradisi Jawa yang lain pada kelahiran bayi, adalah Pupak Puser. sebagian lain masyarakat menyebut Puput Puser. Yang artinya lepasnya tali pusar pada bayi yang baru lahir.

Setiap bayi lamanya pupak pusar berbeda-beda, paling cepat 3 hari sampai hingga 14 hari setelah hari kelahiran. Mengenai lamanya waktu, memiliki mitos jika kurang dari satu minggu maka kalau besar nanti anaknya tidak bisa awet kalau memiliki/menggunakan sesuatu.

Dalam tradisi, kalau puser belum copot, belum boleh di kasih nama. Nantinya bisa sakit-sakitan karena tidak kuat menahan beratnya nama, makanya orang dahulu kalau anaknya sakit-sakitan, namanya sering diganti, katanya “kabotan jeneng”.

Anakku yang baru lahir pada pagi hari Jumat Legi kemarin, sampai 11 hari ini masih saya panggil “genduk”. Bukan karena pusernya belum copot, tapi masih bingung kasih nama apa, sambil nunggu deadline pupak pusernya…🙂

Menurut orang bijak, nama adalah harapan dan doa yang baik. Makanya harus dipikir, dicari, dan dipilih, supaya menjadi nama yang indah dan yang terpenting artinya baik. Alhamdulillah sudah dapat nama Aisyah, tinggal nambahi aja, ada ide?

my baby

sssttt..... genduk lagi bubuk....

12 Responses to “My Baby…”


  1. 1 lelypop Mei 18, 2009 pukul 10:22 am

    selamat yach yang dianugrai momongan, semoga kelak menjadi anak yang berbakti pada ortu “n” menjadi anak yang tangguh di zamannya.
    usul nAMA pak “Aisyah Putri Mentariku”

  2. 4 agusrest Mei 19, 2009 pukul 3:42 pm

    selamat cak…mg2 jd anak yg sholihah🙂

  3. 5 nggresik Mei 20, 2009 pukul 11:53 am

    Alhamdulillah….
    Selamat Smoga menjadi putri yang Sholihah,berbakti kpd Kedua orang tua, berguna bagi nusa, bangsa dan agama…amin…

    usul nama…?? wah opo yo seng apik??? hhmmm

  4. 6 pakwarso Mei 23, 2009 pukul 1:01 pm

    Turut berbahagia atas amanah Allah berupa “Gendhuk” semoga kelak menjadi anak yang sholihah, berguna bagi agama, nusa bangsa, ortu dan “Blogger Gresik” tentunya.
    Tentang tradisi jawa itu menurut saya sudah tdk uptodate. klenik itu dulu-pun saya kerjakan hanya krn mertua. ada dimasukkan dalam kendhil : buku, pensil, cutter, jarum dan thethek bengeknya (sayang ketika itu lupa saya sertakan kamus Inggris-Indonesia agar kelak jago bhs belanda he .. he..), dan dengan do’a mantera serta saya “penthelengi” agar kelak jadi anak yg taat-patuh-mituhu sama ortu. ee. ..ee ketika besar tuh ndak ada yg takut sama bokapnya, sial nggak ?.
    Tentang nama yang penting pilihkan yang terbaik, bermakna, kalau perlu yang sudah di “update”. sekali lagi selamat … semoga Anda sekeluarga senantiasa dalam hidayah, rahmah, dan inayah Allah SWT, serta kedua ortu diberi kekuatan dan kemampuan untuk mengajar, mendidik dan melatih shg menjadi manusia Indonesia seutuhnya. Aminnn ….
    Salam dari segenap keluarga

  5. 7 lelypop Mei 24, 2009 pukul 7:36 pm

    ih… lucu ternyata adk bayinya. jadi pengen punya bayi nich hehehhe.
    da dapat nama belom? lo blom pakek nama yang dari aku aja, kata mentari di situ memberi gambaran kelak si anak akan menjadi penebar kesholehan didunia. seperti mentari yang selalu menerangi kehidupan ini.

  6. 8 masino Mei 24, 2009 pukul 9:24 pm

    assalamualaikum wr.wb
    Selamat cak….atas kelahiran anak yang pertama,semoga selalu dalam lindunganNya dan menjadi anak yg solehah ,jadilah keluarga yang bahagia sakinah mawadah warahmah.”amien”rencana mau bikin anak berapa nih..hahahhahah…..
    Wassalam

  7. 9 Keysa cntx Mei 26, 2009 pukul 3:04 pm

    Ih lutu bgtz,..keysa jd ngiri dch..mom dad bkinin keysa dede’ bayi dunk..hehe
    selamat ya maz..keysa hny bs krm doa smga si kecil bs tmbuh menjd ank yg sholehah,brakti kepda ortu,brguna bgi nusa n bgsa,menjd bibit bgsa yg bs membnggakan,..ehm apa lg ya doa keysa..mg adhe’ g rewel klu mlm,..mg seht sll,mg cpt gede,ntr klu uda gede kakak ajak keliling dunia.hehe

  8. 10 ILYAS AFSOH Mei 26, 2009 pukul 11:13 pm

    selamat
    Semoga Membawa Berkah

  9. 11 nggresik Juni 1, 2009 pukul 6:58 am

    Cak sido diparingi nami sinten putrine..??🙂

  10. 12 osin Juni 1, 2009 pukul 8:48 pm

    Selamat ya,,,
    salam kenal..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: