Asal usul Menganti

Kecamatan Menganti terletak di wilayah selatan Kabupaten Gresik, berjarak kurang lebih 30 Km dari Kota Gresik. Letak Geografis Kecamatan Menganti berbatasan langsung dengan wilayah-wilayah sebagai berikut: sebelah timur wilayah Kota Surabaya, Sebelah selatan Kecamatan Driyorejo, Sebelah utara Kecamatan Cerme, sebelah barat Kecamatan Kedamean.

Terkenal dengan industri kerajinan anyaman rotan berupa keranjang, kursi, meja, dan berbagai macam bentuk souvenir. Menganti bagi orang Surabaya mungkin lebih dikenal dengan daerah perumahan, yang harganya relatif terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah. Karena memang di Kecamatan ini banyak berdiri kompleks perumahan, yang letaknya sangat strategis karena berbatasan langsung dengan wilayah Kota Surabaya.

Menganti berasal dari salah satu nama desa di kecamatan ini, yang menjadi ibu kota kecamatan yaitu Desa Menganti. Adapun asal sejarah dan arti kata Menganti berasal dari kisah panjang di bawah ini, yaitu bermula dari nama tempat kantor pemerintahan pada masa pemerintahan Sunan Giri.

Di tempat ini pernah menjadi salah satu pusat kekuasaan raja yang disebut Bangsal, yaitu sebuah kompleks perkantoran tempat raja bekerja menjalankan tugas sebagai kepala negara dan sebagai pemegang otoritas hukum dan keagamaan. Di kompleks ini raja menerima tamu negara, memimpin rapat para menteri, menerima persembahan upeti-upeti dan hadiah, menjatuhkan keputusan-keputusan hukum dan sebagainya.

Sejarah nama Desa Menganti, bisa dimaknai terkait dengan nama salah satu kantor raja, yaitu Bangsal Sri Manganti. Dalam sistem pemerintahan tradisional Jawa kuno, keberadaan seorang raja berkedudukan sebagai lambang negara pemegang kekuasaan yudikatif dan legislatif, selalu didampingi oleh pejabat patih (perdana menteri) selaku pemegang kekuasaan eksekutif yang menjalankan pemerintahan dan pengelola administrasi negara.

Kelengkapan Giri sebagai sebuah kerajaan yang memiliki pusat di Bangsal Sri Manganti – yang terpateri pada nama Desa Menganti – terbukti pada adanya Kantor Patih yang disebut Kepatihan, yaitu nama desa yang secara toponomis sekarang terletak di sebelah utara Desa Menganti.

Nama toponimis lain dari desa-desa sekitar Menganti yang dapat diajukan sebagai tanda kelengkapan suatu sistem pemerintahan adalah Desa Boboh yang terletak di sebelah Barat Laut Desa Kepatihan, dimana dalam bahasa Jawa Kuno nama Boboh memiliki makna “tugas istimewa, kewajiban khusus, mempunyai tugas istimewa, suatu kelompok yang memiliki tugas khusus”. Bisa ditafsirkan sebagai jajaran kelompok pejabat istana yang memiliki tugas-tugas istimewa.

Desa Boteng yang terletak di tepi sungai Lamong di selatan Desa Boboh, secara toponimis dapat ditafsirkan sebagai kediaman para pedagang, tempat memuat barang-barang berat, angkutan danau yang menunjuk pada terjadinya aktivitas perniagaan di pusat pemerintahan Giri di pedalaman.

Itulah sekelumit cerita saya tentang Kecamatan Menganti, mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan tentang wilayah ini, karena saya ke sini hanya seminggu sekali di akhir pekan. Namun saya sudah jatuh hati dengan tempat ini, semenjak salah satu gadisnya bersedia menjadi pendamping hidup saya…🙂

Sumber : laporan kajian sejarah kyai tumenggung pusponegoro bupati gresik, balitbang kab gresik 2008

18 Responses to “Asal usul Menganti”


  1. 1 nggresik April 27, 2009 pukul 5:46 pm

    nomer sijiiiii…..
    eeealaaa bojone arek menganti tooo…
    ku meNGanti seorang kekasih …jarene cak Iwan🙂

  2. 3 L 34 h April 28, 2009 pukul 9:00 am

    wealahhh.. mbahas menganti soale ono sek dinanti😛

  3. 4 aziz Mei 5, 2009 pukul 1:40 pm

    wah, rumah saya juga masih menganti… jadi tau nih… hehehehhe

  4. 5 Don45 Mei 7, 2009 pukul 6:29 am

    Wah ternyata filosofi kota Menganti dalem bgt ya !!! Kalo ga salah ibuq jg pny didaerah Menganti loh !

  5. 6 ILYAS ASIA Mei 15, 2009 pukul 8:48 pm

    salam…
    maaf lama gak berkunjung :((

  6. 7 masino Mei 24, 2009 pukul 9:30 pm

    halooo cak…wih peh bojoe asli menganti njur crito asal-usul la nek sakiki nang Cerme kok ra digoleki asal-usule khususe nang panggang opo kuwi critane hayo…

  7. 8 fajar Agustus 10, 2009 pukul 4:58 pm

    apik tenaaaaaaaaaaaan……..!!!!!!!11
    HA………………
    HA………………
    HA………………
    HA………………
    I LOVE YOU PULL

  8. 9 inest September 19, 2009 pukul 9:26 am

    ohh ngono to kedadeane aku yo duwe cerito liyo tentang asal -usule menganti wong aku dewe iki yto arek kec. mungkin versine lain ok

  9. 10 IWOEEL Mei 20, 2010 pukul 8:39 am

    Ealah….ngono to critane…..iso dadi kebanggaan rek…!!! Salam kanggo dindane yo…

  10. 11 Hayuni Agustus 18, 2011 pukul 10:46 am

    assalamualaikum…saya mau tanya, untuk sentra kerajinan anyaman rotan di menganti tepatnya di desa mana ya? terima kasih, dtunggu informasinya utk referensi skripsi

    • 12 budi arek domas September 5, 2011 pukul 7:07 pm

      Di Daerah menganti memang sentra pengrajin Rotan Mbak tapi sekarang banyak yang bangkrut yang ada bisa dihitung dengan jari sentranya ada di Desa Domas , Beton kalau mau meneliti bisa Call saya. Trims

  11. 13 cerry September 12, 2011 pukul 8:15 pm

    oooooooo jdi itu ta asal usule desa mngnti
    aq yo dwe omah nang desa mngnti dadine eroh asal usule dsa mngnti

  12. 14 Tengku Rondo Alkafir April 17, 2012 pukul 4:13 pm

    aku warga baru menganti,sebab baru beli rumah disitu

  13. 15 alif areg spenary Desember 25, 2012 pukul 11:46 am

    rumhq d menganti jdi tau dech asal usulx

  14. 16 Arsyid Habibi Mei 3, 2013 pukul 11:22 pm

    onok sing ngerti gak tahun berdirinya Menganti??????

  15. 17 novan sujarwo Mei 16, 2013 pukul 1:28 pm

    podo gak roh kabeh ae ko koyok kemeroh ,koen kabeh lo pendatang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: