Njeng, Mbenjeng….

Setelah SMP saya meneruskan SMA di Surabaya. Ketika mengenalkan diri dan menyebut tempat asal saya, teman-teman sekelas nyorakin semua.

Ketika sudah bekerja, kebetulan di Benjeng juga, saat menerima telepon dan saya menyebutkan kantor ‘Benjeng’, suara lembut di seberang malah mengkonfirmasi “loh emang Benjeng itu ada ya….?” Untung saja suara lembut cewek yang terdengar, mau marah jadinya ikut ketawa juga, tapi ketawa kecut…🙂

Sampai saat ini anak Benjeng yang merantau di Surabaya sering mendapat ejekan dengan nama asal wilayahnya itu. Walaupun saya tahu itu sekadar guyonan sesama teman yang memang sudah saling kenal sebelumnya.

Saya tidak tahu kenapa kata Benjeng sebagai bahan ejekan. Kalau alasannya Benjeng dahulu terkenal dengan segala kekurangan, toh itu juga di kecamatan lainnya, misalnya: banjir, jalan rusak, mandi cuci dan cebok di kolam yang sama (jublang). Tapi sekarang jalan di sini sudah lumayan mulus, dan sebagian besar penduduk sudah punya kamar mandi di setiap rumah.

Menurut saya, kata Benjeng sendiri adalah nama unik dan aneh yang tidak punya arti khusus. Dan pengucapan kata Benjeng sendiri memang lebih mudah dan mantap, daripada Cerme atau Balongpanggang (terlalu panjang kan, he2…)

Bagaimanapun juga saat ini Benjeng adalah tempat hidup saya bersama 56ribuan jiwa lainnya. Walaupun kadang-kadang masih banjir, tapi saya masih bangga, bahagia dan betah hidup di kota kecil saya, Benjeng. Ada yang berminat pindah ke Benjeng?🙂

24 Responses to “Njeng, Mbenjeng….”


  1. 1 nggresik Maret 14, 2009 pukul 1:10 pm

    kulo berminat pindah ke Benjeng tapi mbenjeng cak…embo mbenjeng kapan, smoga benjeng menjadi kota metropoliannya Surabaya dan Gresik, jarene Suroboyo Barat sesok tambah rame…yo di enteni wae

  2. 2 ILYAS ASIA Maret 14, 2009 pukul 3:00 pm

    benjeng are my family

  3. 3 agusrest Maret 14, 2009 pukul 5:30 pm

    hahaha…saya waktu kcil jg sering nyemplung ndek jublang mas….ancene wenak tenan hahaha…btw link disidebar bisa dignti sama yg ini aja mas….matur tengkyu sanget….

  4. 4 kishandono Maret 14, 2009 pukul 8:40 pm

    ndengar kata benjeng emang pas udah di gresik. itu aja pengucapanya salah

  5. 5 peyek Maret 15, 2009 pukul 8:32 am

    hehehehe…. satu sodara saya ada disana, buktinya betah-betak wae, setidaknya itu kan hanya nama, jika disana masyarakat lebih bisa hidup rukun dan guyub, saya rasa, masyarakat kota semakin mengidamkan ketenangan kehidupan desa yang adhem ayem lan rukun.

  6. 6 wh Maret 15, 2009 pukul 11:01 pm

    daerah asal sih boleh diketawain tapi liat dulu orangnya berkualitas nggih to mas….yo semangat mas

  7. 7 gasa87 Maret 15, 2009 pukul 11:45 pm

    wew… belum tau bawean ??? ooo. pulau kecil itu ya ?? disana ada listrik ?? jalannya uda diaspal belum ?? wah, baguslah klo dibawean sudah ada internet walau hanya sekitar alun2 tok. bahkan ada yang tanya.. bawean itu dimana mas ya ?? bahkan yang lebih parah ada orang bawean yang gak mau ngaku sebagai orang bawean (parah tu orang).
    sampean sik untung di mbenjeng mas cuman dapet respon seperti itu dari orang sekitar.. lihat tu respon orang sekitar aku.. hehehe, tapi walau ku orang bawean aku tetep bangga sebagai anak bawean🙂 begitu juga anda dong🙂

  8. 8 Pandu Maret 16, 2009 pukul 1:37 pm

    mBenjeng itu sebelah mana mas?

  9. 9 Jehan Hudzaqy Maret 17, 2009 pukul 8:55 pm

    aku gak pernah underestimate daerah2 di gresik (karena aku mang kurang tau daerah2 di gresik….. ^__^). tapi koyoke reang yo ngerasakno opo seng sampean rasakno,, hehehehe ketoro pangkahe, jare wong2 pangkah iku pelosok, ndeso, pas SMA mbengen mesti tek lokno gara2 bocah pangkah logate mirip wong meduro. lek menurutku gak mirip meduro blas. lagian ada apa dengan madura?? menurutku pangkah hebat. i’m proud to be a pangkah boy (lho iso bahasa inggris barang).

    ayoe,,, mas,, sampean ulasno “reruntuhan” suaka burung ujungpangkah……

  10. 10 T-W Maret 20, 2009 pukul 11:28 am

    kalo aku wong balongpanggang santai aja biar kata orang di kampung tapi rejeki kutho betul gak

  11. 11 galinx Maret 21, 2009 pukul 11:02 pm

    ah males banjir ae bangga aku lho wis bosen sakjane aku pengen benjeng iki bebas banjir ben yo opo carane iso kelakon..gak ngono ta….?

  12. 12 haSna- ^_^ Maret 23, 2009 pukul 9:24 pm

    kata di baris terakhir tulisan ini cukup menggelitik,
    …..”kota kecil”….??? ah, berlebihan mas benjeng iki… kayane lebih pantes “desa kecil” deh, hehe…. biar lebih alami dan makin dramatis gittuu… ^_^

  13. 13 Raditya April 4, 2009 pukul 3:02 pm

    enak lho dicluk mbenjeng iku..
    aku dadi trkenal ndek skolah gara* mbenjeng
    hehehe

  14. 14 don45 April 21, 2009 pukul 9:28 am

    Waduh nasibnya kok sama kayak Andy temenku satu kelas, asalnya juga dari MBENJENG !!!

  15. 15 Ishaq April 22, 2009 pukul 10:41 am

    matur tankyu cak… ngemeng2 benjeng endi? aku yo beijing eh benjeng pisan!!hehehehe. bulan Mey 2009 aku lulus S1 cak. duh seneng rasane. meskipun gak kumloud tapi aku seneng cak. kurang tuitik wae kumloud.haahah.
    tapi skripsiku oleh A cak, iku seng nggarai aku bangga. aku pengen buktikan bahwa aku pancen pantes dari putra benjeng, daerah seng selalu dari bahan ejekan orang lain. n suatu hari kota ini akanmenjadi kota yang maju yang menjadi kiblat kota gresik.amin……………

  16. 16 aziz April 26, 2009 pukul 6:52 pm

    wah, benjeng sekarang udah gak kayak dulu tuh, makin modern, walopun masih butuh banyak pengembangan, tapi udah ada kemajuan yang bagus…

  17. 17 abu November 22, 2009 pukul 6:52 pm

    wah baru hari ini aku ke benjeng. dulu-dulunya hanya dengar aja. sempata tanya juga sih , benjeng itu mana? Eh, ternyata itu sebuah desa di gresik. Sebenarnya ini desa nggak terlalu jauh dari surabaya. saya yakin dengan perkembangan kota surabaya yang cenderung mengarah ke arah barat maka benjeng dan sekitarnya tak akan lama lagi berkembang pesat bahkan lebih cepat dari daerah-daerah sidoarjo misalnya. Bravo Benjeng. Eh, cerita tentang mandi, cuci, buang air di jublangan itu bener lho. Rumah yang aku tuju masih memiliki jublangan yang fungsinya ya untuk itu. Hem…

  18. 18 Livejournal.Com Mei 18, 2013 pukul 1:29 pm

    Wszystko ludzie, których poznałeś – rzeczywiście wszyscy
    – nie pojawili się tutaj przypadkowo. Przyszli, by Cię czegoś nauczyć.
    Z specyfikacji wybieramy sobie ludzi, jakich mamy spotkać przed narodzinami.

    Natomiast dzisiaj zagłębie się w niejaki, specyficzny rodzaj poznania, mianowicie: Bliskości Inkarnacyjnej.

    Podejrzewam, iż każdy ma w otoczeniu osobę, jaką znaliśmy w poprzednich wcieleniach… Na
    sposób to odczuć?

  19. 19 pregnancy blog Mei 22, 2013 pukul 1:12 am

    Professional photos are expensive because: Parents love their kids, and many will spend just about anything on them.

    Pregnancy Miracle teaches you precisely why you need to resolve the inner issue which is working against your odds of getting pregnant after which
    proceeds to demonstrate the best way to make it
    happen. Because the Pregnancy Miracle program is not a quick fix
    ‘fairy tale’ cure but a complete holistic solution aimed at eliminating the root cause of
    fertility problems(regardless of your age) and ensure
    your will get pregnant quickly, it does
    take work and persistence to complete.

  20. 20 search engine optimisation google Mei 30, 2013 pukul 5:57 pm

    Heya! I know this is sort of off-topic but I had to ask.
    Does building a well-established blog such as yours take
    a lot of work? I am completely new to running a blog however I do write in
    my journal on a daily basis. I’d like to start a blog so I can share my own experience and feelings online. Please let me know if you have any kind of ideas or tips for new aspiring blog owners. Appreciate it!

  21. 21 anonse dziewczyn Mei 30, 2013 pukul 7:26 pm

    anonse dziewczyn Maja była cokolwiek zazdrosna o swoją dwanaście miesięcy młodszą kuzynkę, skoro była odkąd niej brzydsza tudzież kiedy szły kędyś wszystkiego,
    owo mężczyźni tak bywa ją ignorowali skupiając całą uwagę na
    Zosi. Nie była brzydka, aliści nie umywała się aż do przyjaciółki,
    istnej piękności o idealnej figurze. Sama była niższa i pulchniejsza od momentu
    niej. Miała brązowe kołtuny nie sięgające nawet aż do
    ramion.
    Tutaj znajdziesz: anonse dziewczyn.

  22. 22 Premium Wordpress Plugin Juli 17, 2013 pukul 3:04 am

    Do you have a spam problem on this site; I also am a blogger, and I was wondering your situation; we have
    created some nice procedures and we are looking to exchange strategies with others, please
    shoot me an e-mail if interested.

  23. 23 mobile app reviews Juli 19, 2013 pukul 12:59 pm

    Thanks in favor of sharing such a good idea, paragraph is nice,
    thats why i have read it completely

  24. 24 Margarita Juli 24, 2013 pukul 2:53 pm

    I constantly emailed this blog post page to all my contacts, for the reason that if like
    to read it afterward my friends will too.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: