Pendaftaran CPNS, Tips & trik

Bagi anda yang sedang menantikan pengumuman pendaftaran CPNS Kabupaten Gresik tahun 2008 atau kota lainnya di Indonesia, saya mempunyai beberapa saran dan tips menjadi CPNS. Tips ini terinspirasi dari pengalaman saya dan beberapa teman ketika mengikuti tes CPNS jalur umum di Kabupaten Gresik pada tahun 2004 lalu, dan Alhamdulillah saya termasuk yang lulus. Tips ini tidak dijamin cespleng lho, namun semoga menjadi bahan pertimbangan anda, berikut ini tipsnya.

  • Daftar di kota lain
    Kalau di kota anda masih belum ada pendaftaran CPNS, kenapa anda tidak mencoba daftar ke pemda/provinsi lain. Meskipun anda bukan penduduk/ber-KTP sana, toh syarat utama adalah warga negara Indonesia. Jadi dimanapun domisilinya, asalkan tetap berKTP Indonesia.
    Selain itu, pada formasi dan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh Tim Pengadaan CPNS Pemda kadang tidak ada yang sesuai dengan ijasah yang kita punya. Jadi kita harus mencari kota lain yang membuka lowongan yang membutuhkan ijasah yang kita miliki. Sebagai catatan, setiap pemda dengan pemda lainnya kebutuhan akan jumlah pegawai, formasi dan kualifikasi pendidikan, tentu tidak sama.
  • Daftar pakai ijasah lebih rendah
    Kalau anda bersikeras hanya daftar CPNS di kota tercinta, namun kulifikasi pendidikan yang dibutuhkan tidak ada yang sesuai dengan ijasah sarjana/diploma yang anda miliki, kenapa tidak daftar pada lowongan pekerjaan (formasi) yang hanya membutuhkan ijasah SMA atau SMP?
  • Formasi yang paling banyak dibutuhkan
    Semakin banyak pegawai yang dibutuhkan pada formasi pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang kita punya, maka semakin besar peluang untuk diterima. Namun tentu saja, yang daftar juga semakin banyak pula.
    Sebagai informasi, pada tes CPNS 2006 yang lalu, tetangga saya daftar di Kabupaten Gresik, namun tidak diterima. Padahal hampir semua teman kuliahnya diterima di Kabupaten Pacitan karena di sana formasi kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan sangat banyak dibandingkan dengan kota saya. Mungkin waktu itu di Pemda Gresik lowongannya sedikit tapi pendaftarnya banyak, namun terjadi sebaliknya di Pacitan.
  • Daftar dobel
    Anda bisa daftar lebih dari satu kota, atau kualifikasi pendidikan yang berbeda, apabila anda mempunyai ijasah yang dibutuhkan. Namun pada saat tes biasanya serentak atau bersamaan, sebelum menentukan pilihan mengikuti tes formasi yang mana, maka cari informasi jumlah perbandingan pendaftar dengan lowongan yang disediakan.
    Kalau di kota A satu lowongan yang daftar 100 orang, dan di kota B satu lowongan yang daftar 10 orang, maka peluang diterima yang lebih besar tentu kota B.
  • Persiapan materi yang matang
    Layaknya seorang murid sekolah yang akan mengahdapi Ebtanas, tentunya harus belajar terlebih dahulu, begitu pula bagi pendaftar CPNS. Untuk tes pengetahuan umum, silakan pelajari lagi mulai dari pengetahuan umum, bahasa inggris, pengetahuan alam, pemerintahan, undang-undang, sejarah dan keadaan sosial politik yang terbaru, mungkin saja menjadi bahan soal ujian. Untuk tes skolastik yaitu: psikotes, matematika penalaran, hitungan biasa (aritmatika), logika bilangan, lawan kata, persamaan kata, padanan hubungan kata, dll.
    Biasanya pada saat ada pendaftaran CPNS, banyak dijual foto copi contoh-contoh soal ujian CPNS beserta jawaban dan penjelasannya. Atau anda bisa mendapatkan di website yang menyediakan materi dan bahan soal ujian CPNS.
  • Berdoa
    Untuk mencapai keberhasilan harus dilakukan dengan usaha yang maksimal. Namun begitu kadang tidak sesuai dengan yang kita harapkan, semoga kegagalan menjadi bahan evaluasi untuk lebih maju lagi. Yakinlah bahwa rizki sudah di atur Allah, tuhan yang maha kuasa. Berdoalah, semoga diberikan yang terbaik untuk hidup kita.

Semoga berguna, salam…

>>

TULISAN TERKAIT
CPNS Gresik, Masih Menunggu Kabar
Pengumuman pendaftaran CPNS 2008 Kabupaten Gresik

13 Responses to “Pendaftaran CPNS, Tips & trik”


  1. 1 Anang November 7, 2008 pukul 2:04 am

    wah ini posting bermanfaat buat pencari titel pns. tengs om

  2. 2 daftar peluang usaha November 7, 2008 pukul 9:53 am

    nice artikel….
    thanks ya infonya…
    sangat bermanfaat

  3. 3 antokoe™ November 8, 2008 pukul 1:09 am

    pns ?, wah menarik plus ngeri…
    dah diterima tapi……..
    mending jd nge-blog aja… adem…..

  4. 4 ILYAS ASIA November 8, 2008 pukul 8:39 am

    kadang2 tergoda juga untuk ndaftar PNS

    ya, sudahlah

    aku ini seorang penjual.

    btw,
    peyek & arest belum kasih kabar,

  5. 5 Rusdi Cahyono November 10, 2008 pukul 11:24 am

    ini info bener? aku mesti ndaftar nih.

  6. 6 Sekar November 18, 2008 pukul 1:40 pm

    wah bagus tuch,…….
    lenih bagus klao ada soal masuk cpns-nya juga
    thx

  7. 7 jee November 20, 2008 pukul 9:05 am

    PENDAFTARAN CPNS GRESIK KACAU
    HINGGA SAAT INI TGL. 20 NOVEMBER 2008 NOMOR BELUM DIBAGIKAN

    ADA APAKAH?

    TANYA SIAPA?

    KASIAN REKAN2 PELAMAR SUDAH 2 HARI NGANTRI

  8. 8 mybenjeng November 20, 2008 pukul 6:32 pm

    @JEE
    sipa bilang, lancar kok bro.
    menurut jadwal di pengumuman resmi, nomor dibagikan tanggal 3 s/d 5 desember 2008. please dong di baca lagi pengumumannya, thanks
    ato langsung tanya ke panitia aja…

  9. 9 situs porno November 22, 2008 pukul 11:40 am

    he.. he umur udah lewat, jd saya ndak bisa daftar…. salam kenal

  10. 10 Paling November 28, 2008 pukul 4:56 pm

    berapa pendaftar cpns terkhir di gresik?khususnya fisiska untuk smp.Thank U B4

  11. 11 mybenjeng November 28, 2008 pukul 5:55 pm

    wadoh, maap, ga tahu saya…
    coba tanya panitianya aja.
    mksh sudah mampir…

  12. 12 Ramzz Januari 3, 2009 pukul 1:22 pm

    Numpang baca-baca, triknya ok

  13. 13 vcd_cpns Januari 12, 2009 pukul 11:45 am

    VCD CPNS 2009 – Pertama di Indonesia.
    Terbuka peluang untuk menjadi distributor VCD CPNS.
    Bagi Anda yang melihat ini sebagai suatu peluang usaha kenapa tidak mencoba ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: