Potensi Pariwisata Gresik

Kabupaten Gresik memiliki berbagai potensi wisata. Antar alain potensi wisata alam, wisata seni dan budaya, wisata minat khusus.

Potensi wisata alam gresik antara lain :
– Bukit Surowiti
– Goa Gelang Agung
– Giri Wana Tirta
– Pantai Delegan
– Pulau Bawean

Di bidang seni, Kabupaten Gresik memiliki daya tarik :
– seni hadrah
– terbang jidor
– macapat pesisiran
– pencak macan
– kercengan Bawean

Wisata budaya, memiliki obyek wisata religi, antara lain :
– Makam Sunan Giri
– Makam Sunan Prapen
– Petilasan Giri Kedaton
– Makam Maulana Malik Ibrahim
– Makam Nyai Ageng Pinatih
– Makam Raden Santri
– Siti Fatimah binti Maimun
– Makam Kanjeng Sepuh
– Makam Kanjeng Pusponegoro

Wisata minat khusus Kabupaten Gresik memiliki obyek wisata Kampung Kemasan dan kawasan Wisata Adenium.

Selain wisata, Kabupaten Gresik mempunyai daya tarik lainnya yaitu kekayaan kerajinan khas Gresik. Antara lain sarung tenun, songkok, rotan, bordir, damar kurung, batu onix, tikar pandan.

Sedangkan kekayaan kuliner khas Gresik yaitu pudak, nasi krawu, otak-otak bandeng, jubung, ayas, gula aren, petis, keripik bayam. Serta produk olahan hasil laut yang dapat dijadikan souvenir dan oleh-oleh.

Yang tak kalah menarik Kabupaten Gresik juga memiliki peninggalan-peninggalan dan situs-situs bersejarah serta adanya berbagai upacara adat dan acara tradisional, seperti Rebo wekasan, sanggring, malam selikur (tradisi kolak ayam masjid Gumeno), malam selawe, malam pasar bandeng dan tradisi mulud.

Agar menarik minat wisatawan berkunjung ke Gresik, maka saat ini seluruh komponen kepariwisataan Gresik secara intens melakukan pemasaran pariwisata dan meningkatkan kualitas produk pariwisata serta melakukan peningkatan sumber daya manusia yang bergerak di bidang pariwisata.

sumber: tabloid Pesona Gresik

28 Responses to “Potensi Pariwisata Gresik”


  1. 1 lakonlokal Agustus 23, 2008 pukul 2:19 pm

    wah sebanyak itukah potensi pariwisata gresik??? tapi sayang ga ada yang terawat kecuali makam-makam karena menghasilkan banyak pemasukan dari parkirnya
    wuakakakakaka…..

    gresik kota kuburan

  2. 2 Anang Agustus 23, 2008 pukul 4:32 pm

    wisata adenium di kedamean mas

  3. 3 kishandono Agustus 23, 2008 pukul 4:32 pm

    banyak juga yah potensi pariwisatanya. Baru tahu saya

  4. 4 L 34 H Agustus 23, 2008 pukul 6:42 pm

    ya elah sopo kui ngomong gresik kota kuburan heueheeu

  5. 5 septy Agustus 24, 2008 pukul 8:31 pm

    wah… banyak juga, padahal kupikir kl ke sana bakalan bosan. eh tapi di gresik ga ada 21 yah…😀

  6. 6 rOZI Agustus 25, 2008 pukul 10:36 am

    Memang digresik ada beberapa wisata yang menarik baik alam maupun budaya namun pemerintah gresik kurang tanggung jawab alias andil untuk mengemasnya lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun manca. yang paling menarik adalah acara pasar bandeng setiap akhir ramadhan. untuk itu pemerintah daerah harap cawa cawe guna kemajuan gresik ok.

  7. 7 hanggadamai Agustus 25, 2008 pukul 1:54 pm

    bener mas, kata temenku pariwisata di gresik uenak2

  8. 8 Tumes_semuT Agustus 26, 2008 pukul 6:31 pm

    ini sih bukan wisata tapi tempat2 mencari pesugihan hehehe

  9. 9 ILYAS ASIA Agustus 27, 2008 pukul 11:06 am

    ayo, kita pasarkan gresik via blog

    n kita cari duit dg wisata bloger gresik
    pasti asyik cak

    senang, dapat duit lagi

    trus,
    aku belajar ilmunya EO dulu ya.

    031 915 242 78, nomor esiaku anyar cak

  10. 10 ario saja Agustus 28, 2008 pukul 12:52 pm

    wah ternyata potensinya besar juga ya gresik..!!! klo di kembangkan seperti Bali mungkin bisa jadi obyek wisata internasional

  11. 11 Silo Agustus 28, 2008 pukul 1:05 pm

    Wah bagus dan mampu memberi kesan tentang gresik.
    Apalagi kalau ditambahin gambar tempat wisatanya…

  12. 12 peyek Agustus 28, 2008 pukul 9:57 pm

    tlogo ngipik nggak termasuk ya?

  13. 13 zulfikar chaniago Agustus 30, 2008 pukul 8:18 pm

    ya ya,, kapan kapan saya mampir kesana😀

  14. 14 aliyulwafa Agustus 31, 2008 pukul 10:52 am

    pengembangan wisata ngGersik ternyata cuma hanya wacana saja, tanggung-tanggung gitu lho….
    buktinya pengembangan wisata pantai Delegan di Ujungpangkah nggak signifikan. seandainya pantai Delegan dibangun secara profesional dan terencan maka nggak mustahil WBL akan terancam.
    Ciayo Pemkab, benahi biar Wisata Bahari Gresik segera tercipta, biar tidak hanya wisata kuburan(klenik)nya saja yang terkenal.

  15. 15 aziz September 2, 2008 pukul 1:08 pm

    wisata kebon siwalan di deket rumah saya yang masih termasuk gresik aja….. hehehehehheh

  16. 16 andy September 4, 2008 pukul 9:10 am

    KOmplit banget! Pantai dalegan aku pernah kesana tuh!

  17. 17 don45 September 6, 2008 pukul 10:59 am

    Mas satu hal yang ga bisa aku lupain soal Gresik ya nasi krawunya itu lho cita rasanya makcrot !!!

  18. 19 M.Yayak September 24, 2008 pukul 9:37 pm

    terus terang Gresik potensi pariwisata banyak, seandainya ada keseriusan dalam mengembangkan pariwisata pantai insya’ Alloh gresik menjadi kota yang Maju lojihnawi seperti Lamongan Saat ini dia bisa memperbaiki semua aspek yang ada dilamongan. contohnya aja Sepok bola duluan Gresik tenarnya dalam bidang ini, dulu gresik punya Petro, Pesigres tapi saat ini hancur gara” tk ad dana kemudian dilebur kayak bubur jadi Gres U, Tim Leburan inipun tak bisa berkembang dengan baik gra” dana. asal tahu aja program pariwisata pantai di daerah Dalegan ketimur sampai ujung pangkah itu sudah dicanangkan sebelum Bupati Robak atau dijaman era Pak. Harto. saya akan cerita akan pasir putih dalegan, pada tahun 1980 masih indah dan banyak kekayaan alamnya yang bisa dimanfaatkan seperti rumput laut,trumbuh karang yang ada didasar laut, sebelum tercemar oleh para pencari ikan yang menyalai aturan. dipantai itu masih banyak tumbuh pohon kelapa yaitu sebelah timur yang saat ini menjadi tambak, luas pantai adalah sekitar 200 meter dari laut andaikan dulu dijaga perhatikan dengan baik kira luasnya bisa +300 m. akibat dari pengikisan oleh air laut ya skrg tinggal sperti itu. jujur aja dulu ikan itu bisa dilihat dari tepi bahkan bisa buat bermain dengan kedalaman air dibawah lutut. sekarang pemerintah kab.rencananya mau mengembangkan pariwisata tersebut dan saya kira itu akan butuh biaya yang cukup besar ya mudah”an aja bisa terealisasi sehingga bisa menjdi tambahan pendapatan pemkab. tapi dengan kondisi seperti saat ini kita masih bersyukur karena bisa mengurangi angka pengangguran bagi masyarakat sekitar, dan menguragi masyarakat yang pekerjaannya hampir 90% adalah menjadi TKI di malaysia. kepada teman” bagaimana menurut kalian dengan pasir putih cara pengembangannya. fasilitas yang ada selain pantainya ada juga sarana olah raganya, disitu terdapat lapangan sepak bola yang bagus, apa yang anda pkirkan jika dua fasilitas itu dipadukan. kalau bagi saya tema yang pas adalah “Meng-olah ragahkan Pariwita atau mempariwitakan olah Raga. berlanjut lain kali….Tanks U

  19. 20 cahya riski Oktober 29, 2008 pukul 2:06 pm

    Em Tambahan jgn lpa cagar budayanya, yaitu Kawasan kota Lama Gresik !!!!
    InCLuding : Kemasan, Gajah mungkur n bangunan2 lama yang ada disekitar Kelurahan Pekelingan,Kebungson,dan kemuteran

  20. 21 Andika Pr Januari 3, 2009 pukul 9:18 am

    gresik memang punya banyak potensi parawisata namun pengembangannya belum terialisasi dengan baik. terutama di pulau bawean,di bawean bayak sekali tempat wisata yang keindahannya tidak kalah dengan bali, d bawean juga terdapat binatang yang indemik yaitu rusa bawean(axis kuhli) yang mempunyai ciri khas yang tidak tertandingi di seluruh indonesia bahkan dunia..

    kami berharap kepada teman2,pemenrintah gresik untuk memperhatikan obyek wisata pulau bawean.

  21. 22 Andika Pr Januari 3, 2009 pukul 9:22 am

    satu lagi sebgai promosi kali ya…he he

    rugi rasanya kalau gak pernah kepulau bawean..tak jamin menyenangkan..pa lg di bawean bnyak pantai nya lho

  22. 23 Andika Pr Januari 3, 2009 pukul 9:25 am

    satu lai…ha ha terlalu banyak comment…

    kalau berlibur ke pulau bawean jangan lupa mampir kekebun salak ku (bato ghebbhang) ya. disana da rusa bawean lho..

    promosi terussssss…..haaa..haa

  23. 24 mybenjeng Januari 3, 2009 pukul 10:39 am

    @to all

    semua Potensi wisata gresik memang butuh pengelolaan yang bagus, seperti tanjung kodok lamongan yang menjadi WBL. Mestinya Pantai Delegan bisa tuh…

    Bawean mungkin masih terkendala transportasi, walaupun sekarang sudah ada ada kapal cepat yang tarifnya terjangkau…

    jadi teringat pantai penyu di nusadua Bali, kalau menuju ke sana harus naik perahu, namun banyak juga pengunjungnya.

    kalau pemkab Gresik menyediakan paket wisata dengan kapal khusus ke Bawean plus biaya terjangkau, pasti banyak peminatnya tuh…

    selama ini mungkin yang menjadi fokus pemda hanya wisata religi, makam wali songo, semoga potensi yang lain segera di garap, dengan bagus tentunya…

  24. 25 Jehan Hudzaqy Maret 17, 2009 pukul 8:32 pm

    di daerahku dulu ada suaka burung,, yah, di ujungpangkah, sekarang mati suaka burungnya. kalo boleh aku request bisa gak ulas tentang sejarah, masalah, jenis burung dan lain sebagainya tentang suaka burung di ujungpangkah?

  25. 26 Isa April 18, 2009 pukul 2:09 pm

    ada yang punya penelitian atau jurnal yang memuat wisata religius di gresik? tolong dong…… sejak tahun 2001 aku k gresik minimal seminggu sekali. tapi sep[i-sepi aja kecual;i cerobong asap yang membumbung tinggi atau wearung kopinya itu… yang bikin yahut.

  26. 27 Asalan Februari 10, 2010 pukul 5:43 pm

    Pemerintah Gresik ga mutu….dari dulu sampai sekarang ga ada kemajuan berarti…rakyatnya masih miskin-miskin….banyak pengangguran dan banyak hal yang tidak patut dilakukan di dalam memenej pemerintahan yang bersih…tanya aja ma masyarakat klo ga percaya..

  27. 28 jihan hudzaqy Oktober 17, 2010 pukul 11:27 pm

    kang kang,, sumber tabloid Pesona Gresik terbitan kapan?? mau tak buat skripsi artikelnya, khususnya yang sampean posting.. jadine butuh sumber seng lengkap


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: