Dialek Gresik

Dari caranya bicara dengan menggunakan istilah kata dan dialek bahasanya, saya bisa menduga kalau orang ini wong gresik, atau paling tidak pernah tinggal di Gresik sehingga terpengaruh dialek bicara masyarakat di lingkungan sekitarnya.

Untuk daerah tertentu, Gresik utara misalnya, maka istilah kata dalam bahasa sehari-hari sangat kentara. seperti menyebut “Saya” dengan kata “Eson“. Intonasi nada dalam berbicara juga menambah ciri khas wong gresik, walaupun tidak sekuat dialek bahasa Madura. Namun di beberapa wilayah Gresik lainnya, dialek bahasanya tidak begitu beda dengan bahasa Suroboyoan, terutama di Gresik selatan sampai ke Gresik kota.

Lha sampeyan bisa ndak, boso gresikan…?🙂

19 Responses to “Dialek Gresik”


  1. 1 Malecious Genius Juli 19, 2008 pukul 7:30 pm

    Lapor!!!!!
    Saya cuma bs bahasa cinta!!!!!

  2. 2 ubadbmarko Juli 19, 2008 pukul 7:59 pm

    Tapi dialek cinta saya rasa sama dimana-mana.

  3. 3 nita Juli 19, 2008 pukul 11:11 pm

    saya ndak bisa boso gresikan…bisanya boso endyonesyah kayak cinchaw lawrah:D

  4. 4 Anang Juli 20, 2008 pukul 4:28 am

    kek apa mas? panas seru iki hawane..

  5. 5 mysepty Juli 21, 2008 pukul 7:41 pm

    he…. sayah ndak bisa😀

  6. 6 L 34 H Juli 23, 2008 pukul 9:34 am

    hikss aku dah lupa dialek gresikan..

    Secara dah tinggal di jogja 8 tahun, meski dialek jogja tapi logat tetep gresik :))

  7. 7 aziz Juli 23, 2008 pukul 1:32 pm

    blog saya pindah url!!!!

    kalo mo komen disini aja….

    masalah dialek gresik yah??? hmmmm…….. saya kok gak tau yah orang gresik punya dialek sendiri….??

  8. 8 ILYAS ASIA Juli 23, 2008 pukul 1:51 pm

    dialek santri gresik seperti apa ya?

    pasti penuh kasih sayang

  9. 9 Brunki Juli 25, 2008 pukul 8:03 am

    kalo mau bahasa gresik yang khas dan beda dengan bahasa suroboyoan pergi saja ke giri

  10. 10 peyek Juli 29, 2008 pukul 9:10 am

    mbaruso nang jero! (terus saja masuk)
    sang gucek! (punyaku)
    sang kathil (kursiku)
    apik seru ( bagus sekali)

  11. 11 ILYAS ASIA Juli 29, 2008 pukul 9:49 am

    cak, mau tanya lagi nih…

    kawan-kawan yang pasang yahoo I`m itu caranya bagaimana Ya/

    Jawab di blog aku

    mksh

  12. 12 reditya Agustus 3, 2008 pukul 2:24 pm

    wah, saya nggak pernah pakai bahasa “esun” mas, walaupun orang gresik asli (dari lahir)😀

  13. 13 Reeds Agustus 13, 2008 pukul 4:54 pm

    haha…

    gresik seru…😀

  14. 14 Feddy November 8, 2008 pukul 10:34 am

    sang bojo ae ndak ngerti lek onok dialek gresikan,masio omahe parek teko nggersik, ndeso seru! tak gencoli peno

  15. 15 arek rel Desember 10, 2008 pukul 12:27 pm

    wah pancen boso nggersikan apik seru.akeh kosakata sing asik.sodhok rono,peno, isun,dialek gresik lebih kental spti boso suroboyoan sing peenting asik seru

  16. 16 fernando Desember 20, 2008 pukul 4:32 pm

    tibakno blog iki wes ake sing ndhilok yo?!,
    ison seneng seru e ake boloe.

  17. 17 nanda Maret 25, 2009 pukul 9:52 pm

    Permisi mas,

    bisa minta tolong nggak ya?

    saya lagi bwt penelitian ttg dialek gresikan.

    ada yang bisa beri tahu sejarah dialek gresikan? dan didaerah mana saja di gresik yang penduduknya memakain dialek itu? yah setidaknya masih kental logatnya

    bisa hubungi saya di nandaliciouz@gmail.com
    atau yahoo messenger, matagenit_felice@yahoo.com

    thanks..

  18. 18 ANA Juni 2, 2009 pukul 1:43 pm

    PANCEN BOSO GRESIK IKU TOP.ESON JATUH CINTA. . .

  19. 19 Ciz Zuke Zuke Januari 9, 2012 pukul 12:29 pm

    mas..aq iso njaluk tolong gak ya,,,aq ada penelitian tentand dialect orang gresik…bisa kasih contoh-contoh dialectnya dan sejarahnya dan daerah-daerah yang sampai sekarang masih pake bahasa asli gresik… mkasih…
    bisa hubungi saya di
    siswaticiz@yahoo.com
    matur suwun


Tinggalkan Balasan

