Tambak Gresik Terluas Di Jawa

Dari hasil penelitian tahun 1863, kala itu Grissee (nama Gresik tempo dulu) memiliki tambak seluas 15.399 bau dan Sidayu-sekarang masuk wilayah Gresik-memiliki tambak seluas 1.972 bau. Artinya total luas pertambakan di Gresik seluas 17.371 bau.

Di Pulau Jawa terdapat tambak seluas 46.068 bau. Dari jumlah itu 35.211 bau berada di Karesidenan Surabaya (Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan, termasuk Grisse dan Sidayu). Sedangkan beberapa lainnya berada di Karesidenan Jepara (2.332. bau), Pasuruan (3.804 bau), Probolinggo (1.475 bau), Besuki (736 bau), Rembang (1.321 bau) dan Semarang (1.189 bau).

Areal pertambakan di Grissee berada di sepanjang pantai, dengan lebar dari pantai ke daratan mencapai 3 sampai 6 paal (1 paal sama dengan 1.506 meter). Deretan tambak yang paling panjang terdapat di Grissee dan Sidayu. Tambak di wilayah ini sambung-menyambung menjadi satu, hanya beberapa saja yang terputus oleh batu karang atau gundukan pasir yang terlalu tinggi bagi air laut untuk dapat mengairinya.

Pembuatan tambak di Gresik tidak hanya berada di tepi pantai, tetapi juga berada di tepi sungai dekat muara, misalnya di tepi Sungai Lamong (Tangi), Sungai Ngawen, dan Bengawan Solo.

Sudah seminggu ini, setiap pagi saya melewati Jalan Raya Tambak Beras yang membelah areal pertambakan menghubungkan Cerme ke Gresik kota dan Lamongan. Kanan kiri jalan sejauh mata memandang hanya hamparan tambak. Dan sekarang banyak rumah dan beberapa bangunan baru berdiri sebagai tempat bisnis.

Hati-hati kalau lewat jalan ini, jangan ngantuk ya, bahaya. Bisa nyemplung tambak lho…😀

sumber: Grissee Tempoe Doeloe

24 Responses to “Tambak Gresik Terluas Di Jawa”


  1. 1 diazhandsome Juli 10, 2008 pukul 12:54 pm

    salam kenal, main balik ke blog ku ya!!

    http://diazhandsome.wordpress.com

    btw, tulisannya keren-keren… keep blogging!!

  2. 2 tony Juli 10, 2008 pukul 2:13 pm

    jadi semua sudah berupa perumahan?
    kalo dulu mungkin nggak ada, karena bukannya daerah tambak beras itu terkenal dengan banjir? hehehe…

  3. 4 ILYAS ASIA Juli 11, 2008 pukul 3:14 am

    cak

    katanya achoey bloq ku sulit di akses

    ada yang salah di urlnya.

    apa karena aku daftar kan blog aku di http://www.co.cc ya?

    atau apa yang salah
    tiap aku masuk via wordpress
    muncul tulisan out of memory line 1

    http://www.ilyasafsoh.wordpress.com

  4. 6 Anang Juli 11, 2008 pukul 8:57 am

    wah ak jg sering liwat situ lho cak. hebat ya gresik juragan tambak di pulau jawa

  5. 7 andy Juli 11, 2008 pukul 11:14 am

    Siiip deh buat gresik.Maju terus tambak gresik.

  6. 8 aze--- Juli 11, 2008 pukul 9:07 pm

    ayo majukan gresik dengan makin memperluas pertambakan…. heheheheh jadinya gresik cuma tambak, gak ada pemukiman… haakakakkakakak

  7. 9 kishandono Juli 12, 2008 pukul 12:26 pm

    tambak disini termasuk tambak garam atau hanya tambak ikan ya mas ya?

  8. 10 diazhandsome Juli 12, 2008 pukul 8:40 pm

    main balik ke blog ini deh… hahaha… kapan kapan main lagi ya!!!

    btw, blognya mau dipajang di blogroll gak??

    http://diazhandsome.wordpress.com

  9. 11 johnny d Juli 12, 2008 pukul 11:35 pm

    Kapan neh Blogger Gresik ngunpul lagi?

  10. 12 realylife Juli 13, 2008 pukul 2:04 am

    ehmm , aku harus nyari yang di medan nich
    moga2 aja bisa ketemu ya ?

  11. 13 dhany Juli 14, 2008 pukul 8:54 pm

    wah saya ikut bangga sebagai mantan orang gresik….(hehe wong cuman mantan ae)

  12. 14 anggaara Juli 15, 2008 pukul 1:39 pm

    mosok seh??? q kemaren ke gresik perasaan tambaknya sedikit dan biasa2 saja…. (gresik kota – sedayu- mengare) apakah tambak osowilangon juga ikut gresik?????

  13. 15 akafuji Juli 15, 2008 pukul 5:02 pm

    gresik juga punya 3 jenis tambak lho. tambak ikan, tambak garam, dan tambak bersa :DD

  14. 16 akafuji Juli 15, 2008 pukul 5:03 pm

    gresik juga punya 3 jenis tambak lho. tambak ikan, tambak garam, dan tambak beras :DD

  15. 17 wier Juli 15, 2008 pukul 6:24 pm

    hehhehhehhe hayo ngerti ga 1 bau iku berapa meter persegi?

  16. 18 Malecious Genius Juli 16, 2008 pukul 2:48 pm

    tambak ato tamas??? ato taibu, tabapak?
    hehehe…..
    just give me ur best smile bro&sis

  17. 19 EMULTY Juli 17, 2008 pukul 6:18 am

    luar negri juga bisa prod garam tp kayae ga pake tam bak ya? klo ga salah!!
    mungkin klo rasa yg dari tambak lebih uasin hehe.

    nunut lagi OM!

    !!!FREE DOWNLOAD!!!
    EMULTY DEMO 77
    open at new tab this URL

    BERHARAP KEMBALI:
    http://www.box.net/shared/q2l93igcow

    CINTA INI TAK AKAN MATI:
    http://www.box.net/shared/i34gdbyg40

    IAM THA IAM:
    http://www.box.net/shared/rebt6kn40s

    JADIKAN AKU:
    http://www.box.net/shared/vt4jbz20ws

    JANGAN BILANG EngGak:
    http://www.box.net/shared/8smacao4ks

    LADANG CINTA:
    http://www.box.net/shared/bgj53cy0ww

    SHE SAY FUCK LOVE:
    http://www.box.net/shared/ctyv3a5w8w

  18. 20 aliyulwafa Juli 21, 2008 pukul 7:38 pm

    memang luas tambak di gresik ini, tapi produktifitasnya menurun drastis karena tanah tambaknya sudah kelebihan beban (sudah uzur) jadi perlu adanya intensifikasi, kenyataannya dari sekian hektare tambak di Gresik, hanya di daerah pulau Mengare yang produksi ikannya jempolan.
    maklum bos, saya juga pernah nongkrong 7 tahun di fakultas perikanan Brawijaya🙂

  19. 21 dedy September 12, 2008 pukul 2:48 am

    DIJUAL TAMBAK L.5,5 Ha daerah ROMOKALISARI Gresik, pinggir tol Surabaya-Gresik. harga 300 juta. cocok untuk Udang WIndu, Garam 1 Musim Produksi bisa s/d 15 Ribu Karung. (Tanpa Perantara)
    Hub. Dedy Widyagiri, ST : 031.71600102 – 081.330680102

  20. 22 anim Oktober 7, 2008 pukul 2:31 am

    klo potensi tambak d gresik kira2 brapa ya??? khususnya ikan bandengnya, kan katanya gresik terkenal dg pasar bandeng tiap tahunnya….

  21. 23 santos Januari 16, 2009 pukul 7:50 pm

    wah..ngomong2 soal ikan aku suka bgt loh..palagi ikan hias…

  22. 24 fary Juli 21, 2010 pukul 12:23 pm

    tambaknya terluas alhamdulillah..btw apa produksinya juga terbanyak? nampaknya banyak yang sudah idle alias mangkrak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: