Kemarau Bediding

Seminggu ini, suhu udara pagi di daerah kami membuat orang malas mandi. Cukup dingin, dan lebih dingin lagi ketika menyiram ke sekujur tubuh di kamar mandi. Menjelang tengah malam hingga pagi, dinginnya seakan menusuk tulang. Membuat orang semakin mancal kemul (menutup selimut rapat-rapat), semakin lelap dalam tidur melenakan setiap muslim melewatkan kewajiban subuhnya.

Bagi pekerja pabrik yang baru pulang kerja di shif malam tentu cukup menyiksa dalam perjalanan pulang ke rumah. Hempasan angin semakin menusuk ke sekujur tubuh. Bagi pedagang sayur yang memulai aktifitasnya pada dini hari, dingin malam ini sangat menggoda untuk libur dari kerjaan daripada berjuang melawan kantuk, kalau saja tidak ingat akan menafkahi anak dan istri.

Menurut ahli cuaca, saat ini adalah peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, sepanjang hari-hari ini kami sudah memasuki musim kemarau basah yang ditandai dengan suhu udara yang cukup dingin. Dan kami lebih familiar dengan istilah kemarau bediding.

Jadi teringat waktu SMA di Surabaya, yang tiap hari terbiasa dengan suhu puanasnya, meski musim hujan atau kemarau. Saat liburan sekolah mudik ke Gresik, yang kebetulan musim bediding, tengah malam dinginnya sangat menyiksa, semua sendi seakan mati rasa, walau sudah pakai selimut dobel.

Ah, besok pagi mandi apa nggak (lagi) ya?

37 Responses to “Kemarau Bediding”


  1. 1 peyek Mei 12, 2008 pukul 10:52 pm

    katanya lagi musim pencitan! wah.. opo iyo toh!

  2. 2 Rafki RS Mei 13, 2008 pukul 12:56 am

    Kata orang sih, kalau nggak mandi malahan tambah dingin tuh om. Habis mandi badan biasanya lebih segar dan panas tubuh langsung bereaksi and bikin hangat badan.

  3. 3 Rafki RS Mei 13, 2008 pukul 1:29 am

    ɯo ɐʎ ıuıƃ ʞɐʎɐʞ ʞılɐq-ʞılɐqɹǝʇ ɯısnɯ ıƃɐl uıʞƃunɯ nɐʇɐ

  4. 4 Anang Mei 13, 2008 pukul 4:50 am

    @ peyek : wah enak gawe rujakan ya cak.

    hati2 penyakit menyerang di musim pancaroba gn

  5. 5 leah Mei 13, 2008 pukul 6:41 am

    hayoo iki mau wes adus urung😛

  6. 6 cempluk Mei 13, 2008 pukul 10:01 am

    surabaya di pagi hari pun dingin..bbrrrr…

  7. 7 maxbreaker Mei 13, 2008 pukul 10:46 am

    mandinya pake aer anget aja OM🙂
    salam kenal🙂

  8. 8 hanggadamai Mei 13, 2008 pukul 11:46 pm

    iya nih,,,diriku jadi gak enak badan..

  9. 9 ziegrusak Mei 13, 2008 pukul 11:58 pm

    ahh…di sini kok ga kerasa tuh si bediding yaaa

  10. 10 ILYAS AFSOH Mei 14, 2008 pukul 9:14 am

    AH, WONG GRESIK TIBANE ONO SING NGE BLOG. KETEMUNE MALAH TEKO KLIK ASYIK MBAK MARSINI

    ORANG GRESIK MAH,
    SEGER DAN RESIK

    PASTI SEHARI MANDI 7 KALI.

  11. 11 indra1082 Mei 14, 2008 pukul 2:07 pm

    DUKUNG TIM THOMAS DAN UBER INDONESIA!!!

  12. 12 lovesomatic Mei 15, 2008 pukul 4:31 pm

    Bediding beda ama Betiting yah, kalo Betiring ?😛

  13. 13 theloebizz Mei 15, 2008 pukul 8:41 pm

    emangnya lg dimana sih ampe segitu menggigilnyah>??😉

  14. 14 Tumes_semuT Mei 15, 2008 pukul 10:55 pm

    iyo cak bediding, kenariku sampek nyekukruk kabeh

  15. 15 mybenjeng Mei 16, 2008 pukul 12:45 am

    @peyek
    iya saya perhatikan, pohon mangga bunganya mulai muncul
    @rafki RS
    iya omo, harus mandi, baunya itu loh, he2
    @rafki RS
    waduh susah bacanya neeh🙂
    @anang
    orang serumah sudah kena batuk cak
    @leah
    he2….
    @cempluk
    bagus tuh biar ga panas terus…🙂
    @maxbreaker
    iya tuh biar ga dingin amat
    @hanggadamai
    gara-gara bediding, atao gara2 gak mandi?😉
    @ziegrusak
    belum nyampek kang, masih dalam perjalanan😀
    @ilyas afsoh
    selamat datang cak, alhamdulillah sudah mandi juga, 7 kali pula, ha2…
    @indra1082
    selamat berjuang timnas uber thomas, jaya indonesia…
    @lovesomatic
    ah hampir sama kok, cuma beda jauh, jauh sekali😀
    @theloebizz
    ya di kamar mandi lah…🙂
    @tumes_semut
    mangkane manuke di kemuli…

  16. 16 diorockout Mei 16, 2008 pukul 10:56 am

    di Suarabay juga, saya mandi juga jarang mandi..
    *kabut*

  17. 17 riza Mei 16, 2008 pukul 1:06 pm

    lamongan kok ga seberapa dingin ya? apa karena sayanya yg jarang mandi pagi? tapi bener kok … lmg ga dngin

  18. 18 ILYAS AFSOH Mei 16, 2008 pukul 4:53 pm

    ASYIK YA, FRIEND, POSTING DI ATASKU ADA WANITA CANTIKNYA

    DAN DIA TETANGGA KITA, orang lamongan

  19. 19 Hasan Seru Mei 17, 2008 pukul 7:07 am

    wis pirang dino gak ados, Cak??? heheee,,,, nanag suroboyo podho ae, maringene aku muleh nang gresik🙂

  20. 20 mybenjeng Mei 17, 2008 pukul 8:30 am

    @diorockout
    sama…🙂
    @riza
    iya bu sekarang sudah ga begitu dingin
    @ilyas afsoh
    iya cak, orang lamongan cantik2, he2…
    @hasan seru
    halah sedino thok kok.😀

  21. 21 indra1082 Mei 17, 2008 pukul 8:34 am

    DUKUNG & DOAKAN TIM UBER INDONESIA

  22. 22 dadan Mei 17, 2008 pukul 8:34 am

    koq kayaknya cuman di jawa timur aja ya…
    di bagian barat jawa koq ndak terlalu terasa…
    semingguan ini disana sih

    anyway, setuju banget kalo bediding nya akhir-akhir lebih menggigit dibanding tahun-tahun lalu. Malem ini balik sby kerasa banget…

  23. 23 ILYAS AFSOH Mei 17, 2008 pukul 10:36 am

    hasan takok kopdar gresik,
    pean siap jadi panitia?

  24. 24 mybenjeng Mei 17, 2008 pukul 11:45 am

    @indra1082
    good luck timnas uber
    @dadan
    serasa di Batu Malang ya…🙂
    _
    @ilyas afsoh
    wah, senang sekali kalo bisa kopdar.
    teman2 gresik blogger banyak yang kumpul pada 25 mei 2008 di acara gresik band community di GKB gresik. Teman2 yang posting acara ini, antara lain: peyek dan tony (lihat di link gresik blogger web ini), kita tawarkan ke beliau dan teman2nya untuk fasilitasi kopdar, gimana…😉
    oh iya minggu ini teman gresik blogger ada yang mudik dari bandung, semoga nyampek sini kabar-kabari lagi…

  25. 25 tc Mei 17, 2008 pukul 12:41 pm

    bediding itu apa ya??
    apa lagu minang itu ya.. diding bediding ooui diding bediding…😀

  26. 26 petak Mei 17, 2008 pukul 1:46 pm

    Baru tahu kalo di gresik ternyata juga dingin..

  27. 27 realylife Mei 17, 2008 pukul 4:19 pm

    semoga berganti dengan hujan ya
    amin

  28. 28 natazya Mei 17, 2008 pukul 5:49 pm

    huheuhheuehu hari ini aku tidak mandiiiiiiiii😀

    *dengan tidak bangga tapi cuek saja hehe

  29. 29 auliaziz Mei 18, 2008 pukul 12:46 pm

    salam kenal nih…. sesama blogger gresik!!! komen balik….

  30. 30 nuha Mei 19, 2008 pukul 9:20 pm

    ouw…itu toh kemaraw bediding, baru tau juga aku. eits…udah mandi belum nih hari ini??

  31. 31 leah Mei 20, 2008 pukul 9:34 am

    ealahh ono jek lagek eruh nek arek gresik wes ga gaptek😛

  32. 32 don45 Mei 21, 2008 pukul 12:25 pm

    Kalo aku malah suka ma yang dingin2 !?!?!?!

  33. 33 andy Mei 25, 2008 pukul 11:15 am

    wadh lama gak berkunjung kesini.Banyak yang baru.Kalau gak mandi kepet dong

  34. 34 heriwal Juni 3, 2008 pukul 9:42 am

    ojo lali cak bawa kemul sing tebel, biar hangat. tapi kalau ndak ada ojo kemul liyane. elingo gresik iku kota resik, resik sak kabehane okey, thank !

  35. 35 Hasto P. September 18, 2008 pukul 1:03 am

    Yup betul, bediding kalo di jawa itu maksudnya musim hawa dingin yg terjadi pada pertengahan musim kemarau (Juli-Agustus), jadi bukan di musim pancaroba (peralihan).

    Tapi gw kangen neh setelah hampir 10 tahun tinggal di jakarta tak pernah lagi merasakan bediding, karena di jakarta bulan apapun selalu panas, hiks! Tapi kemarin saya sempat pulang kampung ke Jateng bulan juli pas musim bediding, cukup duingin euy, suhu terendah terukur di termometer mencapai 18 derajat Celsius (kira2 spt di ruang yg AC-nya disetel kenceng), padahal kampung gw di dataran rendah lhooo, bukan di pegunungan. Dinginnya cukup menyiksa kalo kita tidur tanpa selimut.

    Kenapa suhu terdingin di pulau jawa justru dicapai pada bulan2 pertengahan kemarau (Juli)? Sebabnya, pada bulan itu (Juli), jalur peredaran matahari sedang berada di titik terjauh di utara katulistiwa (padahal pulau jawa ada di selatan katulistuwa), sehingga belahan bumi utara mengalami puncak musim panas dan sebaliknya belahan bumi selatan mengalami puncak suhu dingin. Karena Jawa ada di selatan katulistiwa, ya otomatis jawa mengalami “musim dingin kecil2an”. Musim dingin itulah yg orang kampung di jawa sebut sebagai “musim bediding”.

    Pada bulan2 itu, karena garis edar matahari di utara katulisiwa, maka sinarnya selalu miring walaupun jam 12 siang. Matahari tak pernah tepat diatas kepala walo jam 12 siang. Karena miring itulah suhu jawa jadi lebih dingin dari biasanya. Sebabnya –dengan kemiringan itu–energi panas matahari banyak yg dipantulkan kembali, dan lebih sedikit yg diserap atmosfer. jadi suhu udara dingin deh..

    SOk tau banget yah gweee he he he…..

    Biasanya suhu dingin mulai terasa menjelang malam setelah matahari terbenam, dan berangsur2 semakin malam makin dingin, dan suhu terdingin dicapai waktu dinihari.. Gw masih inget tuh di kampung kalo musim bediding minyak kelapa membeku keras di jerigen, gak bisa dituang. Jadi kalo pagi2 mau masak, jerigennya musti dijemur dulu di terik matahari.

    Di siang hari pada musim bediding, sinar matahari biasanya terasa panas terik karena gak ada awan yg menghalangi, tapi suhu udaranya tetep sejuk.

  36. 36 mybenjeng September 18, 2008 pukul 11:04 pm

    @HASTO P
    nah kalau ilmiahnya seperti tulisan diatas.
    duh makasih banget kang dah ditulis panjang lebar… semoga berguna buat teman2…

  37. 37 kawee Agustus 10, 2009 pukul 7:33 pm

    wong balongpanggang yo lek ngarani podo..
    musim bediding,,,
    awan panas,angin nggebes, bengi uadem,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: