Pasar Hewan

Tanggal 1 Mei 2008 kemarin adalah hari libur nasional. Maka Kamis pagi saya manfaatkan liburan ini sebaik-baiknya. Setelah cukup pusing menentukan pilihan (halah…) akhirnya saya memutuskan untuk jalan-jalan ke pasar sapi Balongpanggang, yang lebih populer dengan sebutan kemisan, atau pasar kemis karena adanya setiap hari kamis pagi sampai tengah hari. Well, liburan yang berkelas bukan?

Dari rumah berjarak hanya 2 km, dengan naik motor saya ngajak teman biar gak bengong sendirian di sana. Pasar hewan Balongpanggang seluas lapangan sepak bola. Separuh lapangan banyak onggokan kayu tertata rapi untuk menambatkan sapi dan kambing yang akan dijual. Sedangkan sisanya untuk parkir “mobil pribadi sapi” (truk & pick up) dan stan beberapa warung makanan. Meskipun namanya pasar hewan, jangan bayangkan di pasar ndeso ini terdapat bermacam jenis hewan yang dijual, tapi di sini yang dijual hanya sapi dan kambing. Di luar itu, ada beberapa pedagang barang bekas, jamu/obat kuat, dan penjual kreatif lainnya dengan teriakan kampanye yang khas.

Saya sering lewat depan pasar hewan ini. Biasanya bau yang khas dari kotoran sapi cukup menusuk hidung. Namun ketika saya masuk dan berbaur dengan sapi-sapi ini, bau itu malah tidak terasa. Lebih tepatnya berangsur hilang karena hidung saya mulai terbiasa dengan baunya. Lagi pula pagi itu saya belum mandi, jadi bau badan saya sama sapi mungkin ga jauh beda, wakaka…

Sebagaimana pasar adalah tempat perputaran uang dan berkumpulnya pedagang, maka tak luput dari makelar, begitu juga di pasar hewan. Dalam komunitas ini istilahnya adalah blantik. Penampilan paling khas dari makelar hewan rojokoyo (hewan ternak berkaki empat) adalah rata-rata mereka memakai topi laken, topi koboi ala jagoan Amerika jaman bahala. Hanya saja dari obervasi saya yang cukup mendalam dan saya yakin akurat, ternyata blantik di sini tidak berkuda tidak pula berpistol…🙂

Lokasi pasar hewan di Kabupaten Gresik:

  • Pasar hewan Kencana, desa Mentaras, kecamatan Dukun, hari pasaran Kliwon.
  • Pasar hewan Panceng, desa Sorowati, kecamatan Panceng hari pasaran Selasa.
  • Pasar hewan Surojenggolo, desa Kedungpring, kecamatan Balongpanggang, hari pasaran Selasa.
  • Pasar hewan Balongpanggang, desa Balongpanggang, kecamatan Balongpanggang, hari pasaran Kamis.

22 Responses to “Pasar Hewan”


  1. 1 HILMAN Mei 2, 2008 pukul 3:18 pm

    yes, komen pertama lagi !!
    > satu ekor sapi berapa pak ?? buat persiapan buka puasa di bulan rahamadhan…hhehehe🙂

  2. 2 dadan Mei 2, 2008 pukul 5:24 pm

    sebagai makelar sapi, harusnya ente lebih detail.😀
    ** kabur **

  3. 3 lovesomatic Mei 2, 2008 pukul 5:29 pm

    nah ini dia, nice info…. btw sapi yg jd primadona jenis apa yahh cak, yg blinya murah dan cpt bongsor:mrgreen:

  4. 4 Anang Mei 2, 2008 pukul 5:31 pm

    wah ak jg pernah jalan2 kesana cak

  5. 5 joyo Mei 2, 2008 pukul 5:39 pm

    sudah lama saya ndak ke pasar sejenis, dulu waktu kecil sering juga main sekedar liat2 klo gak ikut jualan merpati😀

  6. 6 chuanwei Mei 3, 2008 pukul 3:46 am


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SINI: leoxa.com
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    rame yang udah berpindah daripada blog-blog lainnya ke blog Leoxa.com karena theme yang keren

  7. 8 mybenjeng Mei 3, 2008 pukul 9:41 am

    @hilman
    masih murah, emang pesan berapa ekor?🙂
    @dadan
    kita juragannya bukan makelar🙂
    @lovesomatic
    gak tau jenisnya, pokoknya yang warnanya coklat kemerahan itu loh…🙂
    @anang
    jalan-jalan aja? gak beli, sama dong🙂
    @joyo
    merpati sendiri kan?🙂
    @chuanwei
    thax…
    @hanggadamai
    lha, makan sapi?
    dah lepas duluan mas…🙂

  8. 9 peyek Mei 3, 2008 pukul 9:42 am

    sayang sapi kalo beranak paling cuman satu, lain sama wedhouz! hahha

  9. 10 ckasih Mei 3, 2008 pukul 11:33 am

    ================
    ================
    NOW AVAILABLE CHRISTIANITY MADE IN MALAYSIA!!!
    ================
    ================
    EVERY CHRISTIAN NOW MUST LEARN ARABIC. THE FIRST LESSON IS SAY “ALLAH” AND NOT “GOD”.
    This is because English language not suitable anymore because the original Bible is in Arabic.

    Get the full story here: http://ckasih.blogspot.com

  10. 11 marsini Mei 3, 2008 pukul 12:27 pm

    wiuh, sapinya imyut-imyut,
    terlihat begitu polos dan penurut😀

  11. 12 migontor Mei 3, 2008 pukul 1:10 pm

    Baru kali ini saya dengar ada pasaran hari selasa dan kamis. Klo di Mataraman yang paling favorit ya tetap “legi” dan “pon”.

  12. 13 Faradina Mei 3, 2008 pukul 9:49 pm

    Kayaknya ada bakat jadi pialang sapi nih.
    Btw, info lokasi pasar hewan dan jadwalnya cukup berguna…, untuk para blantik.🙂

  13. 14 aliyulwafa Mei 4, 2008 pukul 2:31 pm

    cak, smpeyan nang pasar hewan ono opo, nyambi dadi blantik ta?

  14. 15 mybenjeng Mei 5, 2008 pukul 10:41 am

    @peyek
    satu tapi buesar, kalo wedus banyak tapi kecil, sama aja kayaknya…🙂
    @ckasih
    thanks
    @marsini
    imut, kayak saya🙂
    @migontor
    salah ya, maap…🙂
    @faradina
    dan calon blantik…🙂
    @aliyulwafa
    sek blajar, tapi uangel, gak sido…🙂

  15. 16 Hasan Seru Mei 5, 2008 pukul 4:52 pm

    ke pasar hewan mau cari sodara ya, mas?hehe2x… sorry guyon mas…
    di kampus terjkenal jargon VIVAT GRESIK, GRESIK SERU… jarang2 lho ada daerah lain yang ngomomg “jauh sekali” = adoh seru, “seru = banget…”

  16. 17 realylife Mei 5, 2008 pukul 7:07 pm

    jadi kangen ma kerbau di tempat kakak
    biasa suka godain saya
    walah….
    yang penting nyokkk , kita lebih memanfaatkan hewan Indonesia untuk hal yang positif

  17. 18 nuha Mei 6, 2008 pukul 7:37 pm

    we…aku pernah lo ke mentaras pas jaman sma dulu, ada perkemahan besar pramuka. Ke panceng juga pernah, ada acara susur pantai sama anak pramuka juga.
    Kalo pasar hewan, di madura tepatnya di bangkalan, kecamatan arosbaya kampung halamanku tercinta, ada juga pasar hewan yang njual sapi n kambing doang, tapi harinya selasa, bukan kamis…

  18. 19 Ahmad Paku Juni 12, 2008 pukul 5:05 pm

    Barusan aku dari sana, berangkat dari gresik jam 7 nyampe jam 7.45 liat2 sampe jam 8.15 trus balik lagi. pasarnya rame seru. itu yg merah namanya sapi limosin. kualitas bawahnya lagi namanya sapi sememtal( silangan ).

  19. 20 buddy Desember 12, 2008 pukul 12:43 pm

    sekedar saran alangkah baiknya tiap pasar sapi jadwal harga terendah sampai tertinggi dicantumkan disini…biar keren kaya’ bursa efect gitu….

  20. 21 safe'e Mei 21, 2013 pukul 3:41 pm

    pasar hewan balongpanggang ramai terkumuh kurang perawatan

  21. 22 M2S Chatien Juni 27, 2014 pukul 11:53 pm

    pasar hewan panceng letaknya di desa SUROWITI bukan sorowati, pasar hewan nya kurang banyak di daerah gresik kan banyak di panceng aja ada 2 di desa surowiti sama desa sumurber, di kecamatan dukun ada lagi di desa lowayu letaknya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: