Tokoh Wanita Gresik

Masih dalam rangka memperingati Hari Kartini, saya mencoba mencatat perempuan- perempuan perkasa di Gresik. Tokoh perempuan fenomenal yang telah mengukir sejarah Gresik dengan prestasinya yang tidak bisa kita lupakan adalah sebagai berikut:

  • Nyai Ageng Pinatih, ibunda Joko Samudro (Sunan Giri), saudagar kaya yang memangku jabatan Syahbandar Pelabuhan Gresik. Seorang wanita yang mengurusi segala administrasi perdagangan, sebagai penengah perselisihan antar saudagar dengan nahkoda kapal, pemberi petunjuk dan nasihat tentang cara berdagang di pelabuhannya.
  • Masmundari, pelukis damar kurung (lampion) khas Gresik. Peraih berbagai penghargaan seni rupa dari komunitas seniman dan pemerintah. Damar kurung dalam sejarahnya digunakan saat Padusan menjelang bulan ramadhan, kerlap-kerlip cahayanya menjadikan suasana bulan puasa lebih meriah. Saat ini damar kurung menjadi salah satu ikon Gresik.
  • Dari catatan buku Grissee Tempo Doeloe, pada tahun 1932 di Gresik pernah ada yang namanya Nyonya Toekoel, Nonya S. Koempoel, dan Nyonya S. Soedirman. Beliau-beliau adalah para kawula muda terpelajar di Jawi Wetan yang tergabung dalam partai Persatoean Bangsa Indonesia yang sangat vokal dalam menentang kebijakan pejabat kolonial Belanda di Gresik.

Di tahun 2008 ini, tidak banyak tokoh wanita Gresik yang cukup dikenal. Pemakai kebaya anggun dengan lenggok jalan penuh santun di Kota Pudak ini, hanya beberapa saja yang bisa saya catat. Dari bidang pemerintahan yang saya ketahui adalah sebagai berikut :

  • Yetty Sri Suparyati, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Gresik. Saat ini juga menjabat Plt Asisten III Pemkab Gresik.
  • Ninik Sudiharni, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik.
  • Malahatul Fardah, Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik.
  • Indah Shofianah, Camat Gresik. Beliau adalah satu-satunya camat perempuan di Kabupaten Gresik.

Tentunya tokoh wanita dari bidang lain dengan kemampuan dan prestasinya tidak bisa disepelekan dalam majukan kota ini. Hanya keterbatasan pengetahuan saya saja yang belum mengenal beliau-beliau dengan baik.

Untuk semua perempuan Indonesia, Jangan nunggu kondangan untuk berkebaya…🙂
Setahun sekali rayakanlah Kartinimu, Kartini kita. Selamat ber-Kartini untuk Indonesia yang lebih baik.

38 Responses to “Tokoh Wanita Gresik”


  1. 1 hanggadamai April 22, 2008 pukul 8:25 am

    selamat hari kartini🙂

  2. 3 mybenjeng April 22, 2008 pukul 4:20 pm

    @hanggadamai
    selamat selamat selamat…
    _
    @lovesomatic
    Jaya Indonesia🙂

  3. 4 deteksi April 22, 2008 pukul 4:48 pm

    setiap ibu adalah tokoh wanita!:mrgreen:

  4. 5 mybenjeng April 22, 2008 pukul 4:50 pm

    @deteksi
    setuju banget…🙂

  5. 6 nuha April 22, 2008 pukul 7:13 pm

    aku termasuk salah satu tokoh wanita gresik yang tak kau ketahui, makanya tak kau sebutlah namaku di atas sono…hahaha…
    Gimana dengan Putri Cempo??

  6. 7 tony April 22, 2008 pukul 9:06 pm

    saya masih skeptic dengan kalimat “memajukan kota”

    btw, selamat hari kartini buat semua perempuan

  7. 8 Robert Manurung April 23, 2008 pukul 10:08 am

    selamat buat kaum perempuan.

    btw aku baru saja memposting artikel tentang Ahmadiyah :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/04/23/negara-tidak-berhak-membubarkan-ahmadiyah/

  8. 9 mybenjeng April 23, 2008 pukul 1:43 pm

    @nuha
    putri cempo, saya gak berani masukkan daftar, saya belum dapat informasi tentang beliau. tapi saya sering ke makam putri cempo lho, biasa ngopi…🙂
    *
    sebenarnya ada lagi, Fatimah binti Maimun yang makamnya ada di Desa Leran. konon katanya, beliau orang Malaka masih keponakan Maulana Malik Ibrahim, dan meninggal di Desa Leran. tapi peran beliau saya belum tahu.
    _
    @tony
    skeptis anda pasti bentuk perhatian untuk kota kita kan cak?🙂
    _
    @robert manurung
    oke boss. langsung meluncur ke sana.

  9. 10 realylife April 23, 2008 pukul 3:50 pm

    bener banget , nyokkk kita ingin lihat lagi tokoh2 perempuan dari daerah lain
    setuju….

  10. 11 theloebizz April 23, 2008 pukul 11:12 pm

    met hari kartini yo!
    semoga semangatnya bukan sebatas emansipasi tp pemahaman akan kodrat tiap manusia…

    eniwei klo dari tangerang ada pahlawannya ga yah??ahahaha😀

  11. 12 leah April 24, 2008 pukul 5:36 am

    Walau idka menjadi tokoh besar tapi aku ingin jadi kartininya anak – anakku😀

  12. 13 mybenjeng April 24, 2008 pukul 8:10 am

    @realylife
    bangga juga banyak perempuan pinter di negeri ini
    _
    @theloebizz
    iya perempuan gak harus jadi tukang becak kan?🙂
    bupati tangerang bu atut kan, salah ya…🙂
    _
    @leah
    tiap hari pake konde dong bu…🙂

  13. 14 Anang April 26, 2008 pukul 12:28 am

    semua wanita gresik adalah manusia terhebat!

  14. 15 aliyulwafa April 27, 2008 pukul 12:42 pm

    Wanita bagi bangsa adalah penegak sekaligus Penghancur.
    Kalo wanitanya seperti Yuk Kartini, Eyang Arem-arem, Eyang Fatimah, Eyang Pinatih, yaaa bangsa ini pasti akan menjadi Bangsa Besar dengan semangat maju yang besar. Tapi, kalo wanitanya seperti Ning Dewi Per”setan”ssik, Ning-ning sing gak genah ikuuuu, yaaa pasti tunggulah kehancuran bangsa ini.

    tul gak sich.

  15. 16 Arif Budiman April 27, 2008 pukul 6:13 pm

    Loh, kurang satu… Emakku belum dimasukkan…:mrgreen:

  16. 17 akafuji April 28, 2008 pukul 11:40 am

    wonder women banget yawh!!
    kykny aku juga musti kayak gt!
    dont call me bu dunk!!
    aku msh br lulus kul..

  17. 18 reditya April 29, 2008 pukul 12:05 pm

    saya kira pelukis damar kurung itu pria.
    ternyata wanita ya😀

  18. 19 mybenjeng April 30, 2008 pukul 11:17 am

    @anang
    termasuk emakku…
    @aliyulwafa
    padahal dewi persik, menurut saya sangat perkasa lho. lha wong berani sama walikota tangerang, saya aja gak berani….🙂
    @arif budiman
    he2…
    @akafuji
    maaf bu, eh mbak, eh dik…
    aduh susah…🙂
    @rediyta
    kalo Cakmundari, itu baru pria…🙂

  19. 21 Nggedabrus Mei 23, 2008 pukul 11:38 pm

    Selama mendampingi wanita gresik memang TOP !
    Lam kenal semua.
    Tengkyu

  20. 22 mybenjeng Mei 24, 2008 pukul 6:55 am

    @hasan seru
    makasih usulannya, saya cari info lebih lanjut
    @nggedabrus
    maksudnya cewek gresik top gitu ya…🙂
    salam kenal makasih…

  21. 23 Deny Mei 30, 2008 pukul 11:21 am

    Fatimah Binti Maimun adalah wanita pertama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa

  22. 24 mybenjeng Mei 30, 2008 pukul 11:31 am

    @deny
    oke mas, makasih infonya.
    aq edit artikel ini, segera…

  23. 25 Gyncdyncbum Maret 9, 2010 pukul 12:40 am

    I am able to make link exchange with HIGH pr pages on related keywords like bad credit loans and other financial keywords.
    My web page is http://www.usainstantpayday.com

    If your page is important contact me.
    please only good pages, wih PR>2 and related to financial keywords
    Thanks
    Gyncdyncbum

  24. 26 replicawatche Maret 16, 2010 pukul 2:44 pm

    It’s so easy to choose high quality replica watches online: Rolex replica, Breitling replica, Chanel replica or any other watch from the widest variety of models and brands.

  25. 27 JapeHienbeent April 18, 2010 pukul 9:24 pm

    Please delete this message….

  26. 28 sheenhoke Juni 24, 2010 pukul 1:21 pm

    Hello

    I’m looking to learn Krav Maga. I have some MMA experience and I’m wondering if Krav Maga is right for me. I’m looking for a mix of Self Defense and a Krav Maga Workout

    I would appreciate any advice

    cheers

    Joe

  27. 31 limocompanyservicexxzy Agustus 25, 2010 pukul 8:14 pm

    If it’s true that our species is alone in the universe, then I’d have to say the universe aimed rather low and settled for very little

    ________________________
    http://www.firstlalimos.com

  28. 32 sheenhoke Agustus 26, 2010 pukul 6:22 am

    Hey

    I wanted to share with you a AMAZING site I just came across teaching Krav Maga Online If you guys have seen the Discovery Channel TV Show called Fight Quest you would have seen their chief instructor Ran Nakash there featured on their Krav Maga episode. Anyways, let me know what you think. Is training via the internet something you would do?

    Holla

    Ken

  29. 33 icuteflowerz Agustus 27, 2010 pukul 4:24 pm

    I would like to initiate myself in here, my rank is jeremiah or michael but on occasions both and i like dash in prevalent .. I in actuality like to listen to sizeable old music and I love swimming.

  30. 34 changemaymn Agustus 29, 2010 pukul 2:37 am

    Hi all, can any one tald me about http://www.mp3sale.ru/?pid=2497/http://www.mp3sale.ru/ is this legal music site?

  31. 35 sonneandgone Agustus 29, 2010 pukul 7:00 am

    Cool blog I enjoyed reading your info

    party supplies

  32. 36 changemaymn September 10, 2010 pukul 6:32 am

    Hi all, can any one tald me about http://www.mp3sale.ru/ is this legal music site?

  33. 37 icuteflowerz Februari 24, 2011 pukul 2:16 pm

    I have read somewhere that e-cigarettes are the best altenative for smoking and will even help you stop this really bad habit. Now me and my husband we are desperate for a solution on stopping smoking and we have relatives that got cancer from smoking and I really can’t tell you the horror behind those scenes when someone you care for knows their days are set up in a countdown.
    Not sure if this is the best place to ask for this kind of advice but would really love some help from you — especially regarding the e-cigs – like if you have used them how much did they helped you quit or did you even bought them for quitting or just as a replacement for real cigars. Reading though the web I have heard so many different oppinions and just can’t find a thruthfull review reagrding this matter.
    Anyway, regardless of the e-cigs, I need any other fast solution that can help me and my husband get over this addiction.
    Thank you all.

  34. 38 kolbakol Agustus 10, 2016 pukul 9:34 pm

    Maaf, apa anda punya info lebih dari Nyonya Toekoel saya butuh referensi banyak untuk tokoh itu . Terimss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: