Kebebasan Berekspresi Politikus Radikal Belanda

Politikus radikal asal negeri Belanda, Geert Wilders, ngotot menayangkan film “anti islam” karyanya, yang rentan memicu kemarahan orang-orang muslim. Setelah semua stasiun televisi menolak memutar filmnya, dia berrencana menayangkan melalui situs internet.

Wilders adalah pembenci Nabi Muhammad. Menurutnya juga, Islam agama berbahaya karena ayat Alquran sebagai penghasut kekerasan. Di Belanda dia menyatakan pelarangan burqa, imigrasi warga muslim, dan pembangunan masjid.

Sebagai muslim atau umat bergama lain, anda tentu amat sangat tersinggung sekali dengan pernyataan Wilders. Pun saya demikian, namun kebebasan berekspresi yang dijamin undang-undang di negaranya saya harus maklum.

Saya juga sadar bahwa suatu statement tentunya harus di tanggapi dengan argumen juga, tidak dengan emosi. Namun provokasi Wilders yang sangat vulgar sudah menciderai perasaan umat islam sejagad raya.

Saya rasa Wilder membuat bom waktu (bagi dirinya sendiri) dengan penayangan fitna the movie melalui situs internetnya akhir bulan ini.

22 Responses to “Kebebasan Berekspresi Politikus Radikal Belanda”


  1. 1 dadan Maret 22, 2008 pukul 1:31 am

    mari kita imbangi publikasi negatif dengan publikasi positif
    please don’t fight fire with fire (because it is what he want from us)

    setidaknya, cara Wilders yang terang-terangan lebih ‘jantan’ ketimbang Snouck Hurgronje yang menggunakan cara halus dan menusuk secara ‘sopan’ dan ‘diam-diam’.

  2. 2 agus rest Maret 22, 2008 pukul 4:11 am

    Lom nonton philemnya, jd…no comment aja dehh *haiyahh:mrgreen: *

  3. 3 realylife Maret 22, 2008 pukul 4:39 pm

    smoga ada hikmah yang bisa menyadarkan dia

  4. 4 peyek Maret 22, 2008 pukul 8:18 pm

    Tidak gegabah melakukan penilaian, orang boleh bilang sesuka hatinya, toh apa yang dikatakan itu belum tentu sesuai dengan hatinya, sapa tahu dia cuman menggertak dengan mengeluarkan statement seperti itu.

    Pepatah Arab kuno mengatakan “kencingi air zam-zam jika ingin terkenal”

    Mungkin dia sekedar cari sensasi, bisa jadi toh!

  5. 5 pram Maret 23, 2008 pukul 2:27 pm

    Maringene lak mati maneh mas, koyok koncone biyen,, Theo Van gogh

  6. 6 mybenjeng Maret 23, 2008 pukul 5:42 pm

    @dadan
    kepala boleh panas, hati harus dingin.๐Ÿ™‚
    iya om saya juga terkesan dengan (jantannya) keberanian Wilders dalam mempertahankan argumennya.

    @agus rest
    haiyah…๐Ÿ™‚

    @realylife
    semoga, amin…

    @peyek
    sensasi yang keterlaluan om…๐Ÿ™‚
    dan resikonya keselamatan jiwanya terancam.

    @pram
    iyo pram, taliban tidah hanya mengancam ini orang tapi juga pemerintah Belanda dan warganya yang di luar negeri.

  7. 7 hanggadamai Maret 24, 2008 pukul 10:10 am

    ya banyak orang yg ndak suka akan Islam
    tp sebagai muslim yg baik ini sungguh sangat menghina
    bebas berekspresi seharusnya bukan bebas menghina.

  8. 8 reformislam Maret 24, 2008 pukul 10:56 am

    Wilders Movie Website, Network Solutions, Is Caving Into Radical Islam.

    Website http://www.fitnathemovie.com/ is down: “This site has been suspended while Network Solutions is investigating whether the site’s content is in violation of the Network Solutions Acceptable Use Policy. Network Solutions has received a number of complaints regarding this site that are under investigation.” Read more: http://muslimsagainstsharia.blogspot.com/2008/03/is-wilders-movie-website-network.html

    Muslims Against Sharia neither endorse nor condemn “Fitna”; we have not seen the film. However, we find it disturbing that Network Solution suspended “Fitna” website while hosting a multitude of radical Islamic websites, some of which belong to (or are closely affiliated with) terrorist groups.

  9. 9 leah Maret 25, 2008 pukul 6:25 am

    hmmm.. jadi penasaran ama filmnya

  10. 10 pram Maret 25, 2008 pukul 6:45 am

    mas,, klo udah ada pilemx,, q pinjem yow..

    hehehehe

  11. 11 mybenjeng Maret 25, 2008 pukul 7:47 am

    @hanggadamai
    setuju mas…

    @reformislam
    iki artine opo…..?๐Ÿ™‚
    but thanks for your attention

    @leah
    jadi box office tuh keknya

    @pram
    pinjem…, beli…!๐Ÿ™‚

  12. 12 lainsiji Maret 25, 2008 pukul 6:37 pm

    saya baru tau wilders ini:mrgreen:
    serius, jadi penasaran, kapan pilemnya ditayangin?
    *segera menemui mbah wiki*

  13. 13 Arif Budiman Maret 25, 2008 pukul 9:43 pm

    Dukung… Tayangkan di sini… (Lho kok?:mrgreen: )

  14. 14 mybenjeng Maret 26, 2008 pukul 11:49 am

    @lainsiji
    saya juga penasaran dengan nasibnya wilders…๐Ÿ™‚

    @arif budiman
    gak brani tayangin deh mas.
    cukup posting aja…๐Ÿ™‚

  15. 15 tony Maret 26, 2008 pukul 7:12 pm

    tentunya bakal kontoversi!

  16. 16 azaxs Maret 27, 2008 pukul 1:35 pm

    Yup, fenomena ini tidak cuma sekali terjadi, tentu masih ingat dengan Karikatur Nabi Muhammad ataupun Ayat-ayat setan Salman Rusydi… Manusia hanya bisa masuk dalam emosi dan perasaan.. sedangkan pembalasan, sudah ada yang menyiapkan… [Gitu aja kok repot]๐Ÿ™‚

  17. 17 kabarihari Maret 27, 2008 pukul 4:57 pm

    jadi pengen nonton kaya gimana filmnya.
    Mungkin setelah itu baru bisa komentar.

  18. 18 ghofur Maret 28, 2008 pukul 9:54 pm

    santai saja mas!

    *menunggu para mujahidin al-qaidah mengebom gedung tempat tinggalnya*

  19. 19 mybenjeng Maret 28, 2008 pukul 11:32 pm

    @tony
    selain kontroversi, banyak yang pengen ngerti juga filmnya seperti apa

    @azaxs
    iya gitu kok repot…

    @kabarihari
    sudah banyak yang nyediain downloadnya mas

    @ghofur
    iya, ini lagi standby di tv.
    barangkali ada breaking newsnya๐Ÿ™‚

  20. 20 joyo Maret 31, 2008 pukul 9:06 pm

    hehehe sepertinya hampir tiap hari kita disuguhi tontonan macam adegan2 dalam film fitna, di afganistan, palestina, di indonesia…
    silahken di tonton dulu, jangan emosi, karna yg jadi ‘pemain’ dalam film tersebut mungkin sodara2 anda juga๐Ÿ˜€

    salam mas Mamad๐Ÿ˜€

  21. 21 akafuji April 1, 2008 pukul 4:31 pm

    bung wilder sepertinya bikin sensasi yang bkl jd boomerang bwt dirinya sndiri..
    para masa FPI pun ud siap2 mmdobrak dubes negeri kincir itu…

  22. 22 mybenjeng April 2, 2008 pukul 4:17 pm

    @joyo
    marahnya dah diubun-ubun nih mas.
    untung sampeyan adem-ademin…๐Ÿ™‚

    @akafuji
    jangan terpancing deh FPI…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: