Sejarah Hari Jadi Kota Gresik

Napak tilas ini dimulai tahun 1474 M. Raden Muhammad Ainul Yakin yang selanjutnya lebih dikenal dengan Sunan Giri yang ditemani Syekh Koja dan Syekh Grigis sowan dulu ke Sunan Ampel untuk minta doa restu dan dukungan moral.

Langkah awal yang ditempuh oleh Sunan Giri dalam napak tilas itu adalah ke arah utara Kota Grisse sampai ke Ujung Pangkah.

Pada 1400/1478 Sunan Giri mulai menjelajahi wilayah gunung. Beliau naik ke gunung wilayah timur selatan Grissee. Namun belum apa-apa tiba-tiba ibunya, Nyai Ageng Pinatih sakit keras dan akhirnya wafat. Gunung itu lalu diberi nama Gunung Wurung, karena Sunan Giri mengurungkan tirakatnya dalam proses mencari lahan di gunung tersebut.

Tahun berikutnya, 1401/1479, Sunan Giri naik ke Gunung Kembangan dan di lereng gunung itu Sunan Giri berhasil menggali sumber air yang dahsyat, lalu daerah itu disebut Desa Sumber. Tapi lahan yang cocok dengan tanah Makkiyah dari Pasai belum didapatkan juga.

Tak bosan-bosannya, lalu pada 1402/1480 Sunan Giri naik ke Gunung Petukangan. Dinamai Gunung Petukangan karena Sunan Giri menukangi sendiri pembuatan surau atau langgar pemondokannya di gunung tersebut. Selama hampir setahun Sunan Giri bermukim di Petukangan.

Pada 1403/1481 setelah salat tahajud di Gunung Batang yang bersebalahan dengan Gunung Petukangan, maka Sunan Giri melihat ada cahaya yang sangat kuat dari arah barat pada tempat yang cukup tinggi. Sunan Giri lalu menebak (membathang) bahwa di tempat ada cahaya itulah akan ditemukan lahan yang cocok dengan tanah Makkiyah yang beliau bawa dari Pasai.

Akhirnya menjelang subuh beliau sudah menemukan tempat tersebut yang pada esoknya tempat itu dinamai Giri Kedaton. berarti Sunan Giri melakukan napak tilas mencari Giri Kedaton sejak 1474 dan baru didapatkan pada 1480. masa investigasi sekitar enam tahun.

Namun saat itu gunung tersebut belum dinamai Kedaton. Namanya masih Giri, yang artinya gunung. Raden Muhammad Ainul Yakin akhirnya medapat sebutan Sunan Giri karena menjadi pengasuh pesantren di Giri tersebut.

Tempat Pesantren Giri lalu mendapat sebutan Giri Kedaton ketika Sunan Giri mulai mendeklarasikan tata kota pemerintahan Islami yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awwal 894 H / 9 Maret 1487 M. Ketika itu Sunan Giri mendapat gelar Prabu Satmoto, gelar ini anugerah dari para sunan atas prakrasa Raden Patah, jadi nama Giri Kedaton itu mulai ada sejak 9 Maret 1487 M.

Kedaton itu dari asal kata datu (raja) maka Kedaton itu artinya tempat raja (istana). Jadi Giri Kedaton itu artinya adalah Istana Kerajaan Giri.

Sumber: Napak Tilas Giri Kedaton dalam buku GRISSEE TEMPOE DOELOE. Dukut Imam Widodo dan kawan-kawan. Pemerintah Kabupaten Gresik. 2004.

46 Responses to “Sejarah Hari Jadi Kota Gresik”


  1. 1 emyou Maret 10, 2008 pukul 2:59 pm

    “Grissee”?? Jadi berasa lagi ada di Eropa ngedengernya hehehe… Arti Grissee itu sendiri apa, cak??

  2. 2 Sawali Tuhusetya Maret 10, 2008 pukul 5:05 pm

    wah, jadi tahu sejarah kota yang amat bersejarah dalam perkembangan agama islam di negeri ini. makasih infonya, mas.

  3. 3 peyek Maret 10, 2008 pukul 7:23 pm

    Wah… semua tempat tinggal saya disebut-sebut!
    Hehehehe…

  4. 5 aRuL Maret 11, 2008 pukul 2:09 am

    kata gresik sendiri berasal dari mana?

  5. 7 indra1082 Maret 11, 2008 pukul 12:12 pm

    Hidup Gresik…
    Hidup Indonesia…

  6. 8 icozya Maret 11, 2008 pukul 6:22 pm

    GRISSEE TEMPOE DOELOE.

    keren tuh grissee:mrgreen:

  7. 9 mybenjeng Maret 11, 2008 pukul 7:28 pm

    @emyou
    Grissee adalah penulisan Belanda dalam ejaan Van Ophuysen tahun 1926, bacanya (mungkin) Gresik.

    arti kata Gresik dalam kata jawa tidak ada sinonimnya, sepengetahuan saya sih.๐Ÿ™‚

    namun asal kata Gresik menurut hikayatnya orang jawa menyebut nama bukit dengan kata Giri, dan pantai dengan sebutan Gisik. Bisa jadi nama Gresik itu berasal dari kata Giri-Gisik.

    Wah, makasih deh atas komennya, bikin saya berrencana posting tersendiri tentang asal mula kata Gresik, tapi sayang belum punya sumber/bukunya.

  8. 10 mybenjeng Maret 11, 2008 pukul 7:29 pm

    @sawali tuhusetya
    sama-sama om, semoga info ini berguna.

    @peyek
    wah lagi menapak-tilasi perjalanan sunan giri dong.๐Ÿ™‚

    @hanggadamai
    puncak perayaan ultahnya tanggal 12 Maret 2008. di halaman kantor Bupati Gresik.
    Pemkab mengundang Rhoma Irama beserta grup dangdutnya, mantab….

    @arul
    jawabannya sama kayak Emyou tuh mas๐Ÿ™‚

    @indra 1082
    hidup…๐Ÿ™‚

    @icozya
    baca juga bukunya, keren juga lho…๐Ÿ™‚

  9. 11 gempur Maret 11, 2008 pukul 7:38 pm

    maaf numpang iklan:

    bangsa ini sudah mulai sangat keterlaluan dan kelewatan. Negara semakmur ini masih menyimpan kelaparan berujung kematian.

    Stop Kelaparan dan Gizi Buruk!

  10. 13 Faradina Maret 11, 2008 pukul 8:40 pm

    Untung aja cak Benjeng bikin tulisan ini. Aku jadi tau sejarah Gresik. Makasih infonya cak. Hidup Gresik! Hidup cak Benjeng! Hidup Indonesia!

  11. 15 mybenjeng Maret 12, 2008 pukul 8:52 am

    @faradina
    hidup….๐Ÿ™‚
    *kok kayak kampanye*

    @alamscatie
    mosok toh mas๐Ÿ™‚

  12. 16 Lintang Maret 12, 2008 pukul 10:49 am

    gitu y ceritanya. kamis kmrn mbakku disuruh ikutan pawai, katanya siy dlm rangka hr jadi kota gresik. so, dia kudu didandani pake baju khas gresik…kira2 cak benjeng ikutan pawai gak ya?? trus 2 hr ini ke kantornya hrs pake kebaya, dan kl g salah hr ini ikutan istighosah di alun2 katanya. memang bener2 meriah euy peringatannya… kapan ya aku k gresik lg..๐Ÿ˜€

  13. 17 nuha Maret 12, 2008 pukul 6:28 pm

    salam kenal juga cak. wah, keren juga judulnya, jadi pengen mbaca…belum smpt baca, ntar kl dh baca aku komentari deh…sek yo….

  14. 18 nuha Maret 12, 2008 pukul 9:57 pm

    sudah kubaca…oooooooo, gitu toh, aku baru tahu padahal dah lebih dari 20th jadi orang gresik..

  15. 19 Tumes_semuT Maret 13, 2008 pukul 2:39 am

    giri kedaton, bagus mas jadi pada tau semua tuh hehehe

  16. 20 almascatie Maret 13, 2008 pukul 12:28 pm

    iya mbah.. yang sayah ingat dari kediri hanyalah alun-alun n pengadilan hwakakak *gara2 ditilang disanah sih*

  17. 21 mybenjeng Maret 14, 2008 pukul 9:47 am

    @lintang
    ya mbak, itu semua dalam rangka peringatan HUT Gresik.
    ke gresik lewat benjeng lagi?, ati-ati lo kebanjiran๐Ÿ™‚

    @nuha
    makasih komennya, makasih dah baca.
    wah ketemu orang gresik lagi neh…๐Ÿ™‚

    @tumes_semut
    saya juga baru tahu kok๐Ÿ™‚

    @almascatie
    he…he…he…

  18. 22 gempur Maret 14, 2008 pukul 9:17 pm

    btw, dangdutannya ama bang haji gimana? benjeng dah gak banjir lagi ta?

  19. 23 mybenjeng Maret 15, 2008 pukul 9:23 am

    @gempur
    kata temen-temen yang nonton, konsernya mantab…
    banjir benjeng dah surut om, cuma sehari aja.
    kalo di gresik utara di aliran sungai bengawan solo banjirnya bisa sampai 3 hari.

  20. 24 agus rest Maret 17, 2008 pukul 12:44 am

    lom baca bukunya๐Ÿ˜ฆ

  21. 25 Syamsul April 5, 2008 pukul 11:28 am

    Trimakasih dengan website sejarah ini saya bisa tahu tentang gresik namun sekedar saran kalau bisa agak lebih rinci kalau ada

  22. 26 mybenjeng April 5, 2008 pukul 11:33 am

    @agus_rest
    ah saya sudah katam beberapa kali tuh…๐Ÿ™‚

    @syamsul
    makasih sarannya. moga2 saya bisa lengkapi dengan detail.
    mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda, makasih…

  23. 27 aman,grsk April 30, 2008 pukul 12:31 pm

    moso urep 38 thn duk gresek ,gak weru sejara e,masih aq duk kota ngedi2 tetep gresik kotaq yg terindah,sejuk,damai.salam buat yg baca2 ini,slm kenal (arek gresik lor saiki dadi kidul)

  24. 28 aman,grsk April 30, 2008 pukul 12:54 pm

    gresik iku artine,masih dek isik2 sek onok(meskipon cari nafka apapun bentuknya masih ada digresik)contoh:bermacam suku,asal orang hidup di gresik.

  25. 29 mybenjeng April 30, 2008 pukul 3:45 pm

    @aman,grsk
    nah lo wis tuwek kok ga ngerti asal-usule kutone, walah yokopo sampeyan iki…๐Ÿ™‚
    duh yang asli gresik, meski kotanya sekarang panas banyak polusi pabrik, tetep aja ngaku kota indah dan sejuk. ha2…
    mari ngalor, ngidul, trus kapan nang gresik tengah? salam kenal cak.
    _
    @aman,grs
    gresik=rejekine sek isik, rejekinya masih ada terus… maksudnya gitu kan cak…๐Ÿ™‚

  26. 30 ongkeksuling November 13, 2008 pukul 9:11 pm

    Ada yang bilang Gresik [tulisannya] tetapi orang setempat bilangnya Nggersik, dari kata kersik yang artinya pasir. Di Madura, dekat Kalianget, Sumenep [ujung timur] ada desa bernama Gersik Putih [beda tulisannya].
    Nenekku bilang, Gersik itu punya arti “angger di telisik isih isik” kalau dicari-cari masih ada. Jadi orang Gersik, Gresik, atau apapun menulisnya tidak akan kehabisan rejeki.

    Salam

  27. 31 mybenjeng November 13, 2008 pukul 9:37 pm

    @ongkeksuling
    terima kasih sudah mampir.
    makasih tambahan informasinya, berguna banget buat saya.
    salam…

  28. 32 simalakama Desember 11, 2008 pukul 12:22 am

    kulo nuwon salam kenal cak….aku jd tahu sejarah kota gresik skrng ,trz bagaimana prospek kota ini menyambut era globalisasi modern cak……?

  29. 33 SARUQ Januari 12, 2009 pukul 12:31 pm

    oh….ngono to rek critane, py sek kurang lengkap jek…jo nggateli….
    grisse? opo yo? lan tambaono po’o sejarahe PANCENG.

  30. 34 randi Januari 12, 2009 pukul 10:05 pm

    Sehahurnya sejarah kota gresik lebih menjabar lagi…..

    serta siapa asal mula datangnya nyai ageng pinatih, mbah buyut gangsar dll……

  31. 35 djin Februari 5, 2009 pukul 9:04 pm

    Grissee apa benar artinya yunani pada jaman hindia belanda, sampe kelidah org jawa menjadi gresik???????????

  32. 37 sarah_ghina_tsabita Maret 15, 2009 pukul 1:17 pm

    gresik bukan kota santri tapi kota industri

  33. 38 sarah_ghina_tsabita Maret 15, 2009 pukul 1:25 pm

    nama gresik dulu dikenal oleh orang eropa dengan nama grecee yanag artinya sampah.karna tempat daerah yg skrng dikenal dgn kmpung lumpur adalah pelabuhan yg dipenuhi sampah sampah.akhirnya daerah itu dikenal dgn nama gresik / sampah

  34. 39 Ophie Juni 19, 2009 pukul 4:10 pm

    Ky ny ni bny persepsi tntg asal kt gresik sndri,ad yg tw ap arti kt gresik yg bnr? Oia,trz yg budaya cngkrukan it knp kq ad? Mksi y?
    Gresik,i love u..

  35. 41 yoez November 8, 2009 pukul 12:52 pm

    makasih infonya mas… saya orang gresik tapi sudah hampir 10 tahun ninggal gresik.. jadi kangen sama gresik.. sampeyan benjengnya dimana? org tua saya juga masih tinggal di benjeng..

  36. 43 bagus Desember 5, 2009 pukul 9:37 am

    yang saya tahu kata Gresik itu berasal dari bahsa Arab, yaitu Qurratu Syaikh, karena orang jawasusah mnegejanya mka jadi “qresik” atau gresik, qurratu syaikh artinya desanya Syaikh.syaikh itu orang yang sepuh yang mendalam pemahaman keagamaannya, atau orang yang berpengaruh dalam hal keagamaan, dalam hal ini sunan maulana malik ibrahim. gresik harus bangga dan mempertahankan legitimasi tersebut sebagai salah satu kota yang penting dalam sejarah perkembangan islam nusantara,bukti arkeologis islam tertua juga ada di gresik yaitu makan fatimah binti maimun di desa Leran.yuk kita jaga Gresik.

  37. 44 kyra Maret 5, 2010 pukul 9:18 am

    Gresik kota agamais,/religius Sunan-sunan penyebar agama islam banyak dimakamkan disini. Tolong di pemerintahan diinformasikan tentang kepaladaerah/ Bupati dari mula sampai sekarang berikut tahun kepempimpinananya


  1. 1 plumbers putty lowes Lacak balik pada April 6, 2016 pukul 8:41 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: