Pantai Dalegan Gresik

pantai-dalegan-gresik

Pantai Dalegan terletak di wilayah barat Kabupaten Gresik, tepatnya di Kecamatan Panceng yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan. Dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km. Setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Dalegan, dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi.

Untuk masuk lokasi wisata ini, di pintu loket anda cukup membayar Rp 2.500,- per orang, murah meriah bukan? Dan kalau anda membawa kendaraan maka anda juga ditarik uang parkir.

Setelah melewati pintu masuk, anda langsung disambut hembusan angin laut pantai ini. Setelah memarkir kendaraan, anda bisa jalan-jalan di pantai berpasir putih ini, atau duduk bersantai di tepi pantai karena di sana ada banyak kursi panjang terbuat dari kayu yang ada di bawah pohon rindang. Setahu saya semua pantai itu panas, tapi karena anginnya yang cukup kencang plus kita duduk di bawah pohoh, suasananya jadi sejuk… :)

Bagi yang ingin bermain air atau membuat istana pasir, bisa anda lakukan di sini. Kalau ingin bermain air ke tengah pantai, berrenang, ada persewaan ban pelampung yang bisa digunakan agar kita tetap mengambang di air. Selain ikan, di pantai Dalegan terdapat juga binatang ubur-ubur, bagi yang alergi kalau disengat binatang ini bisa gatal-gatal.

Dari catatan saya ketika mengunjungi pantai Dalegan beberapa waktu lalu, pantai ini sebenarnya tidak cukup panjang. Sehingga pemandangan atau objek wisata yang bisa dinikmati rasanya kurang, harusnya di tempat ini dibangun wahana permainan atau fasilitas lain yang menarik. Selain itu, lahan parkir seharusnya di tempatkan di luar lokasi pantai agar tempat wisata ini terkesan luas.

Dari karcis tanda masuk yang saya dapat, Pemda  Gresik menetapkan wisata ini dalam Perda nomor 15 tahun 2003 dengan nama Wisata Segoro Indah Dalegan (WISID).

About these ads

72 Responses to “Pantai Dalegan Gresik”


  1. 1 gwgw Februari 9, 2009 pukul 11:08 am

    waahh…sebagai orang gresik gw gg terlalu ngerti tempat ini, tapi it’s ok mas…ini baru namanya informasi….thanx mas… :-)

  2. 2 nggresik Februari 9, 2009 pukul 5:42 pm

    minggu wingi nane eson adus nang kono cak….
    pas banyune sodo asat…wuih apik seru

    saking senenge adus….sampe ngombe banyu laut
    BREtPret Bahh…Paiiit Asiiin….

  3. 3 angginta Februari 10, 2009 pukul 11:09 am

    angginta anak delegan sendiri lho..
    dan angginta bilag selamat datang di pantai dalegan

  4. 4 brunki Februari 11, 2009 pukul 9:04 am

    wala cak kapan ngono aku teko kono.. tak kiro yoo koyo nang bali ngono dadakan koyo nang mburine omahku…

    perlu dikembangno iku sakjane apik kok ……

    • 5 rama-zainudin Agustus 31, 2009 pukul 11:29 am

      sbg wrga ngra indonesia yg baik q ora trimo amuw omng gtu,,,,,,,sbnrnya u brsyukur tw pnya tmpt wsta yang hmpr sma ma pntai kuta di bali……….low ngsh fto yg jlaz donk byr sa d lhat……uce..coir zo boz

  5. 6 Jazili Februari 13, 2009 pukul 9:39 pm

    Sepisan aku nang kono, sa’benere lek diramut tenan uapik ki pantai…
    :).

  6. 8 ILYAS ASIA Februari 13, 2009 pukul 10:15 pm

    jauh banget dari tenaru driyorejo
    ..
    tapi pengannya ke sana
    ;;
    insyaallah

  7. 10 ririn villa ayuni Maret 6, 2009 pukul 12:42 pm

    sebagai warga dalegan asli, ga bangga banget, pantai yang ada di belakang rumah gw skrng jdi terkenal……….

    so………… cayou terus Pasir Putih Dalegan

    I LOVE WISID {Wisata Indah Dalegan}

  8. 12 Elang Maret 13, 2009 pukul 6:53 pm

    pantai dalegan begitu indah dijman 80-an jika dibandingkan sekarang mungkin hanya 30% dri pada dahulu akan keindahannya,disekitar situ banyak pepohonan bakau, kelapa, selain itu rumput laut dan tubuhan laut yang lain bisa dinikmati dengan sentuan tangan ikannya juga bisa bermain2 ditepian air yg dlmnya hanya sekitar lutut. pada dasarnya pada era 80 an udah ada wacana untuk mengembangkan pantai dalegan dari pihak Kab. gresik, ttp entah apa alasannya semua itu hanya wacana belaka, andaikan penangan pantai waktu itu ditanggapi serius bisa jadi omset kab.gresik bertmbah, dan hal itupun bisa mengurangi tingkat pengangguran warga sekitar hingga mrk tak jauh2 merais rezeqi kenegeri seberang/malaysia. bayangkan +/- 90% pria masyrkat sekitar pergi kenegeri jiran.mereka tinggalkan anak istri untuk biaya hidup. anda pasti bs bayangkan gimna nasib anak2 yng krang kasih sayang dri ibu dan bapaknya…ah nsi sdh jdi bubur. kembli ke pantai, saat inipun ada wacana tuk mngembangkan pantai tersbut, mdh-mudhan bukan lg sekedar wacana belaka. satu hal saat ini pantai itu mash dikeloloa oleh masyarakat sekitar jdi untuk menambah fasilitas permainan banyak kendla yng menghambat tau sendirlh…faktor penghmbat utamanya, tp aku jg bersyukur pemuda yng disitu ada gawean, walaupun belm 100%, bebrpa yng bsa ikut aktif, plg tidk bs mengurangi kepergian warga sktar tuk kembli kengeri jiran yang bgtu krng santun keamanannya.
    maaf, terll panjang ya….
    ya mdh-mdh pemkab. gresik bsa mlihat pontensi yg ada disn dgn jeli sehngga pantai tersbut dpt kdello dengn bnar dan dapat menambah pundi-pundi keuangan kab. gresik. sarn yg dapat dikembangkan dengan fsilitas yg ada tuk sementra adalah srana olhrga yng mana distu ada lap. sepak bola….ya semua itu terserah bupatihnya ya..ga’ bagaimana cara mnwarkan produk tersbut..
    maksh…

  9. 13 alex Maret 30, 2009 pukul 4:50 am

    ya boleh di bilang kurang menarik karna gak sesejuk pantai yang ad di kawasan kabupaten malang yang udaranya cukup lumayan sejuk namun itu semua tetap jadi indah karena satu hal krena semua adalah ciptaan ALLAH dan apa yang ad di bumi dan langit ini insya allah tidak ad yang di jadikan sia sia balaka

    • 14 m bip April 30, 2010 pukul 1:07 pm

      memang pantai dalgan tidak sama sekali cantik yang di harapkan warga dalgan karna rata2 pengurusnya kurang pinter lain kali cari infestor asing aja biar orang lain urus

  10. 15 alex Maret 30, 2009 pukul 5:05 am

    ya meski masih ad beberapa keindahan yang hingga kini masih tersisah dan masih melekat dalam benak yang masih terjaga hingga kini karena begitu indahnya kenangan itu yang terus meraba kalbu dan merayap perlahan dari segenap raga ini karena tersaspu oleh harumnya ketenangannya sungguh indah dan sungguh berharga dari titik inti makna segala pujian yang tiada terkira bagi ALLAH dengsn sungguh sungguh pujian yang sangat dari seorang hamba yang terkerat lagi kusam penuh karat karena dosa yang masih lekat

  11. 16 oow Mei 15, 2009 pukul 2:54 pm

    wes ronoh, apik biyen pas dorong di gawe wisata………………….

  12. 17 juliant Juni 1, 2009 pukul 9:24 am

    buagus buanget tempatx,it’s ok!

  13. 18 arda Juni 6, 2009 pukul 8:11 am

    wuih. . . .
    biaz4 , , ,
    mc!h !nd4hn m54 doloe.

    woro-woro
    b491 yamg mw kcni jo mak5!at po’0 rek,,,,,,,
    bk!n 5pet,,,,,,
    mblenek,,,,,,,

  14. 19 arda Juni 6, 2009 pukul 8:14 am

    wuih. . . .
    biaz4 , , ,
    mc!h !nd4hn m54 doloe.

    woro-woro
    b491 yamg mw kcni jo mak5!at po’0 rek,,,,,,,
    bk!n 5pet,,,,,,

    bwt el4ng
    5l4m pn45@ran,,,,,,,,

  15. 21 vi2en Juni 20, 2009 pukul 9:36 am

    Aq setuju ma pendapat elang emang PP lebih indah doloe di zaman aq msh kcl wkt msh ada persawahan di skitar x doloe 2 tempat x asri banget g kyk ckarang udah baxk krusakan contoh x gudang sbelah timur 2 ckarang g ke rawat. pa lagi ckarang mla di buat ajang pcaran wduh2 maksiat priends tp aq te2p cka ma pantai q coz baxk knangan indah ms kcl q d sna.
    I LOVE PP(DALEGAN)…………

  16. 23 yoga Juni 24, 2009 pukul 11:02 am

    Mmm wuih,kynya asik bro

  17. 26 zakiyah Juli 4, 2009 pukul 11:01 am

    aku arek gresik tapi kuliah di jember.kalo pulang kegresik pasti aku ke delegan coz g onok tempat wisata lainnya se??????
    tolong gresik diperbanyak tempat wisatanya donx………

    • 27 m.bip Mei 6, 2010 pukul 9:01 pm

      emank zazkya gresik pantes di bilank kota pabrek sebab bupatinya pengen masarakatnya mampus nelen asap pabrex dan suka tanda tngan meresmikan pabrex karna sakunya dapat duit gedeh…. kok kala jau ma lamongan!!!!!!.. akukn warga pp trus mau di apain segoroku kalo masih kayax gitu greatisin aja kalo masuk.

  18. 28 reza Juli 5, 2009 pukul 10:56 pm

    aku yo anak dalegan..tp tggal di jombang. tiap sbulan skali mesti pulang ke dalegan n ngopi di warunge lek jabir di dlm wisid..asyik bgt tuh..aku cinta dalegan n cewek2 nya jg

  19. 31 rama-zainudin Agustus 31, 2009 pukul 11:18 am

    q sng bgt wktuq maen ksna ma cowq,pmandngan dsna sgt indh n mgskan bgi arek2 ggresik yg mw ngabburit nang psir ptih q jmin dech pst konco2 betah…………….^_^

    • 32 mybenjeng Agustus 31, 2009 pukul 1:46 pm

      @rama-zainudin
      boleh ngabuburit di pantai dalegan, tapi jangan pacaran nanti puasanya batal lho…
      makasih sudah mampir, salam…

      • 33 romzi Januari 19, 2011 pukul 2:08 am

        sekedar pendapat

        lampirkan statistic yang lbih detile tentang pantai indah dalegan dan lekatkan foto2 lebih banyak lagi.kurasa itu akan lebih baik.agar rekan2 kita di luar sana gk pada berkerut kening bila melihat dan membaca profil yang hanya terbatas.

        copot (perseco)

  20. 34 Winda Tiwi Oktober 5, 2009 pukul 8:26 pm

    Delegan…. ngangenin!!!!

  21. 37 irazth are' dalegan ashly,, Oktober 16, 2009 pukul 8:32 pm

    Mmmmh,,,
    ngomong pa”n ych,,,
    cz akunya orag sna,,,,
    ych udah yang mau kSna mampir aja d rumh Q,,,,
    rapopo koQ,,,
    kalo mau ksana enknya pagi,,,
    sambil nikmatin sunrise+ udara segar,,,,
    cuma saran aja,,,,

    • 38 wong indonesia Oktober 18, 2009 pukul 10:29 pm

      irazth..
      rumah nya di sebelah mana nie.. coz kalo pagi udah banun lom irazth nya.. ya dah tar kalo ada waktu pagi2 dach kesana,, trus mampir kerumah nya jgn lupa di buatin kopi yax,, xixixixi..
      salam damai all.. aku juga rang dalegan.. tapi bagian kidul wetan.. aku wong ngenneng bagian wetan.. awas kliru mocoe yoo.. NGENNENG ojok salah engko di woco ngendeng.. di ulangi mane NGENNENGGGGG… wes tak tuku sego payang sek aku nang tangsi…
      enak temen nang dalegan tibak’e.. mbenggi tuku sego payang di bungkus di pangan nangg pasir putih.. uuuuuuuuuuuuhuyy.. sriwing2 angine ambek ngrasak ne pedise dodoe sego ..hmmmm…

    • 39 naVa Maret 31, 2010 pukul 1:12 pm

      OmAhMUE endi ??????????
      emank cdek ???
      aQ lOo..tiep Lbran ndk kNo,tp omahQ gk ndk GRESIK

  22. 40 syarif Oktober 20, 2009 pukul 11:22 am

    wah memang WISID pantai surga coz angin ne cak suejuk tenan,pokok e ma’nyus lah,wes lah sopo ae pastine pingin balik mene,tapi aku orang situ ko’ kena tarif masuk juga yo?,tapi yo ra popo amal.
    saran saya bagi ABG tlong jaga etika biar anak2 kecil disitu jaga gak jadi ABG mendadak,yo wes salam kanngo arek panceng ae.thank U very much

  23. 42 didit weru November 3, 2009 pukul 5:36 pm

    sabenere sih apik tapi kurang dirawat. parkire kurang omboh, luas pantaine yo kurang. aku duweh saran apike iku ndek segoro mbelut (wetane Delegan) iku loh rodo dowo, omboh yo lueih apik timbang delega soale karang saitik. tapi gpp terusno ae wis kadung.

  24. 43 ajie Desember 10, 2009 pukul 1:17 pm

    emang gresik semakin hari semakin panas, apa kali gak ada tempat wisata yaaaa…!!! masak pantai delegan doang yang didambaiiin.

  25. 44 Bintang_ Januari 14, 2010 pukul 9:06 pm

    kalo kesana jangan lupa beli legen dan dawet siwalan enak tenan mantep puoool

  26. 45 Karang Cangkring Februari 27, 2010 pukul 8:49 am

    Puwanuuuuaaaaaasssssss……….

  27. 46 ti2n Maret 18, 2010 pukul 9:46 am

    duh, asyik n happynya ke pantai dalegan. kpn2 aq ksn lg ah… krn kmrn blm sempat basah2an. he he he…

  28. 47 AKHMAD April 4, 2010 pukul 11:29 am

    paling enak yo pacaran ndek kono, ambek liat angin semilir debur ombak menari.
    hidup seperti milik kita berdua

  29. 48 SURYA April 6, 2010 pukul 9:36 am

    kyk ap sech pantaix jd penasaran dech????????????? ^_^

  30. 49 teguh April 9, 2010 pukul 11:41 am

    aq lhr di sna tapi bsar di kota.sbnarnya emang bagus pantai sblah timurnya krna lebih panjang pantainya dan masih banyak pohon klpnya.

  31. 50 farid pemuda wollo pitue April 21, 2010 pukul 10:51 am

    gos,mas,mbak petinggi bupati,mbok yo dikei wi-fi t,,,, klw aq mau ngopi diwarung’y Bpk Jaber gk boring,penjualan tiket per bulan tu udah bisa,,, karcise ae larang,,,,

    kok yo ono deny(odon…. wi-fi lo men,,,,

  32. 51 cakpen91 April 21, 2010 pukul 1:52 pm

    suwun wis mampir ngombe nang blokku cak.Mugo saduluran iki terus lanjuttt….
    Salam Cakpen

  33. 52 dalan Mei 20, 2010 pukul 12:09 pm

    salam.. buat kawan2 yang tinggal di pasir putih…

  34. 53 kasmawi larangan Mei 20, 2010 pukul 12:12 pm

    salam buat cak mat yang betugas dipasir putih, dan tak lupa buat mbak ya.. yang sedang berjualan di pasir putih juga…

  35. 55 Joehan Juni 22, 2010 pukul 5:11 am

    Q ank lmg, q sring maen nang pp cz pny pcr dstu hahaha bknx sk ma pp tp cz trpksa g da tmpt wsta lain dgresik wkwkwk ,, eh wahana yg pling asyk di pp tu tembok mesum sblh timur loh. . . . Cb j

  36. 56 aifandi Juli 30, 2010 pukul 4:54 pm

    Pantai Dalegan….

    aku ud pernah ksana 3x…
    seru bngt…
    pertama kita nekat g kulia kesana, trz kedua kita ngsh surat ijin syuting, trz ketiga kita syuting videoklip deh dsana….

    penuh kenangan tuhhh….!!!!

    Dijamin g nyesel deh kL ud ksana.. pst ketagihan…

  37. 57 kencoz abillity November 19, 2010 pukul 3:41 am

    gue dulu wktu scul sering maen kesitu
    hmmmmmm kapan gue bisa ksna lagi yaahhh !!!!!!

  38. 58 kencoz abillity November 19, 2010 pukul 3:58 am

    selepas gue lulus sekolah
    gue balik kerumahdi cikampek
    buat nerusin scull lalu kerja mpe sekarang ini nihh
    gue lama ga ngunjungin gresik
    kapan gue ksana lagi
    maen bola di alun alun
    refresing di pantai pp dalegan
    nongkrong di warung kopi MAK JU
    pokonya the best lah
    gue kngn ma suasana didaerah
    DALEGAN
    NIMBOH
    MRYUNAN
    KAUMAN
    SEDAGARAN
    RACI
    GOLOKAN
    NGAWEN
    UJUNG PANGKAH
    SEROWO
    ALUN ALUN SEDAYU
    dari semua itu mengandung keunikan masing masing
    yang bikin gue selallu teringat teruz
    salam buat anak anak gresik semuaanya
    GRESIK I MIZZ U ALL

  39. 59 MEI November 19, 2010 pukul 12:43 pm

    lead pict Dalegan Beach jadi kangen pengen cepet2 pulang…….. :'(

  40. 60 Amir Maret 4, 2011 pukul 9:26 am

    Penasaran…
    sejak tahun 2002, saya sering mendengar “Dalegan” ketika mengikuti program ‘Peningkatan Pariwisata’ oleh Disbudparpora Gresik (dulu Disparinkom) baik dari Kepala Desa setempat atau yang mewakili.
    dan terakhir ketemu Bpk Kepala Desa setempat di Ruang Komisi B DPRD Gresik untuk mengikuti acara yang sama dengan beliau.
    .
    sayangnya saya belum sempat ke Dalegan…
    untuk sementara saya hanya melihat hasil foto Teman-teman yang sudah ke Dalegan, sepertinya tidak kalah Bagus dengan “Pasir Putih Probolinggo”
    jadi makin PENASARAN…….

  41. 61 saiful arief Agustus 7, 2011 pukul 9:17 am

    panati ne aik yo aku pingin balik lagi kesana pantai dalegan nan indah murah luayan bagi aku wog akmpung rombongan kesana nggak ngabisin fulus banyak-banyak

  42. 62 nisak dari duduk Agustus 7, 2011 pukul 9:22 am

    aku nisak pernah di ajak ke sana tapi belum puas udah di jak pulang sama buguru jadi ny aaku nangis terus sambil maemmmm

  43. 63 nisak dari duduk Agustus 7, 2011 pukul 9:26 am

    pusing gini yg enak ke pantai Dalegan ya sambil bluron enak dehhh

  44. 64 4R8O September 13, 2011 pukul 8:25 pm

    Saya sbg petugas PARKIR pantai WISID yg BAIK HATI, RAMAH, TIDAK SOMBONG & RAJIN MENABUNG ………

    Saya menyarnkan agar people of gresik rock city VISIT WISID ,,,,
    thank’s

    JUKIR_WISID.co.Id

  45. 65 4R8O September 13, 2011 pukul 8:36 pm

    wisid sangat menyenangkan
    ok
    ok

  46. 66 dadangboy November 9, 2011 pukul 12:01 am

    WISID tetep menjadi kebanggaanku….biar orang komen apapun ia adalah anugrah yang cukup besar buat kampongku..

  47. 67 mas Akrie Januari 23, 2012 pukul 3:21 pm

    iyo…maz,aq pn asli DALGRES mmang pemandang WISED alami n klo pas hri libur/holiday.waaa…….h.! penuh orng.

  48. 68 Ikhwan Q Rastafara Uyye Juni 25, 2012 pukul 11:15 pm

    apalagi,,,
    di WISID da musik khas “TWISTER REGGAE”

  49. 69 arie Januari 24, 2013 pukul 3:49 pm

    istimewany d sna tuch bkn lautny e’ , . . .

    pi cwe’ 2 dalgan tuch imud imud bnggd dech –

    poqoqny ktingglan bged loe gak main si2 .

    * siaga pp *

  50. 70 read this Februari 18, 2013 pukul 5:16 pm

    I believe we need significantly more information like this
    on the internet. I should not have to work through 7 pages of horrid google listings just to discover A single
    website which is literally related and assists me.

    It’s a sonnofabitaachin disgrace I say. Apologies for the rant; just sick of it is all. Great content, saved to bookmarks!

  51. 71 buy hair removal cream April 15, 2013 pukul 4:35 pm

    I am now not sure the place you are getting your info, but great
    topic. I must spend a while learning more or figuring out more.
    Thanks for wonderful info I used to be in search of this information
    for my mission.

  52. 72 hanzdjoanezt Februari 9, 2014 pukul 5:55 pm

    aq tiAp tahun jadi boywod dadAkan (dibon) istilae..
    hayo… cpo ndisek sing tAu tk ubrak..!!??
    spurane, hAnya mnjalankan tugas.

    http://hanzdjoanezt666.wordpress.com

    hanzdjoanezt666@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: