Asal Usul Nama Gresik

Kota kelahiran saya, Gresik, lagi ulang tahun. Saya mau kasih kado postingan ini untuk kota tercinta. *halah, wong ngado kok ndak bondho, he2…*

Melacak asal usul nama Gresik adalah satu hal yang sangat menarik. Banyak ditemukan penuturan tradisional berupa tradisi lisan, babad, serat, syair (macapat), yang kadang tidak dapat diterima oleh akal sehat, sehingga sulit dikaji secara akurat.

Namun sumber tersebut dapat dijadikan studi komparatif dengan sumber lain yang historis. Berikut adalah beberapa sumber sejarah yang berhubungan dengan nama Gresik.

  • Babad Hing Gresik menyebut Gresik dengan nama “Gerwarase”.
  • Prasasti Karang Bogem tahun 1387 M memuat nama “Gresik” dalam Bahasa Jawa Kuno.
  • Bangsa Cina yang pernah mendarat di Gresik pada awal abad ke-15 M, mula-mula menyebut “T’Se T’Sun” artinya perkampungan kotor, beberapa tahun kemudian berubah sebutan menjadi “T’Sin T’Sun” artinya kota baru.
  • Bangsa Portugis ketika pertama kali mendarat di Gresik tahun 1513 menyebutnya dengan ucapan “Agace” tertulis “Gerwarace”.
  • Bangsa Belanda awalnya menyebut “Gerrici” kemudian dalam banyak dokumen tertulis menjadi “Grissee”. Sampai sekarang tulisan ini dapat dilihat pada sebuah kantor dagangnya di Kampung Kebungson Gresik.
  • Serat Centini sebuah karya sastra tengah pertama abad ke-19 M menyebut nama “Giri-Gresik”.
  • Bangsa Arab menyebut “Qorrosyaik”, satu perintah dari seorang nahkoda kapal pada anak buahnya untuk menancapkan sesuatu yaitu jangkar sebagai tanda kapal telah berlabuh.
  • Solihin Salam menyebut nama “Giri-Isa” ungkapan dari kata Giri berarti bukit, sedangkan Giri-Isa atau Giri-Nata berarti Raja Bukit untuk menyebut penguasa Giri-Gresik.
  • Thomas Stamford Raffles dalam bukunya The History of Java berpendapat bahwa sebutan Gresik berasal dari kata “Giri-Gisik” berarti tanah di tepi laut (pesisir). Giri-Gisik kemudian berubah menjadi Giri-Sik, akhirnya Gresik.

Dari berbagai sebutan itu dan menurut hikayat yang berkembang di masyarakat, yang menarik adalah sebutan “Giri-Gisik”, karena bahasa pribumi jawa yang menunjuk adanya bukit (Giri) dan pantai (Gisik), ciri yang sungguh serasi benar dengan fisik lokasi Gresik. Giri-Gisik dalam percakapan sehari-hari, akhirnya berubah menjadi “GRESIK”.

Sumber: Gresik – Sejarah Bandar Dagang dan Jejak Awal Islam, Mustakim S.S, 2005.

About these ads

52 Responses to “Asal Usul Nama Gresik”


  1. 1 Anang Maret 15, 2008 pukul 10:04 am

    gresik seger tur resik…… met ulang tahun….. pak robbach kapan akses wi-fi bisa menjangkau rumah saya… huhuhu

  2. 2 leah Maret 15, 2008 pukul 3:05 pm

    Entah kenapa yah sering banget aku bertemu yang bukan lidah jawa koq bilangnya gersik hehe

    Salam kenal

  3. 3 peyek Maret 15, 2008 pukul 6:10 pm

    aku itu esun, mungkin ini dari bangsa Cina itu ya!

  4. 4 Tumes_semuT Maret 15, 2008 pukul 11:41 pm

    ~leah~
    kalo gersik, bisa-bisa asal kata geger bersisik dong hehehe.

  5. 5 agus rest Maret 17, 2008 pukul 12:42 am

    waduh g krasa nambah 1 umur kotaku, met ultah buat kita smua yahh :mrgreen: *

  6. 6 ratna Maret 17, 2008 pukul 11:46 am

    met ultah ya..buat kota-nya..sorry agak telat..

  7. 7 Faradina Maret 17, 2008 pukul 7:34 pm

    Kalo sudah ngomongin tentang asal-muasal selalu aja menarik. Apa lagi cerita kota tua seperti Gresik. Aku juga baru tau sumber2 itu. Moga Gresik makin maju.

  8. 8 Santri Gundhul Maret 18, 2008 pukul 11:13 am

    GRESIK = Gemah, Ripah, Santoso, Titi, Kerto rahardjo.
    GRESIK = Udarane Seger ( ning Jaman kolo semono ) lan daerahe Resik ( iki ugu jaman biyen ) lah sakiki..??
    GRESIK = Gregeting Wisik
    sebab jaman kolo bendho, akeh wong sing Greget TIRAKATE lan okeh sing oleh WANGSIT Kasampurnaning Urip.

    halah…opo hubungane….
    Met ultah kota Gresik….lempar-lemparan Petis yok..

  9. 9 mybenjeng Maret 18, 2008 pukul 12:50 pm

    @anang
    wifinya sudah nyampek benjeng mas. di smpn 1 benjeng bisa kok.

    @leah
    iya bu, tetangga saya banyak yang ngomong ngGersik.

    @peyek
    wah esun juga ndak ngerti kalo itu… :)

    @tumes-semut
    bukannya gersik itu: “gegere resik” (punggungnya bersih/mulus…. :)

    @agus rest
    met ultah, sukses buat warga gresik

    @ratna
    makasih, nunggu kadonya neh… :)

    @faradina
    saya juga baru menemukan sumber historis itu.
    setelah sekian lama mencari-cari.

    @santri gundhul
    gresik sekarang kota berisik, banyak pabrik banyak polusi, tapi banyak duwik… :)
    ayo pak lempar petis, lempar bandeng, lempar pudak, lempar…. :)

  10. 10 emyou Maret 18, 2008 pukul 3:13 pm

    jadi pengen tau asal-usul nama kota gw.

    *mulai googling*

  11. 12 kelompokcager Maret 19, 2008 pukul 7:02 pm

    kota gresik memang menarik sekali untuk bisa di kupas tuntas.

  12. 13 mybenjeng Maret 20, 2008 pukul 9:23 pm

    @emyou
    googling lebih cepat.
    tapi kalo lebih lengkap ya baca bukunya :)

    @kelompok cager
    betul cak…

  13. 14 akafuji Maret 21, 2008 pukul 9:18 am

    waduh, aku kedisikan mau posting yang kayak begini…
    ha ha ha

  14. 15 mybenjeng Maret 21, 2008 pukul 10:21 pm

    gresik suroboyo, kalah dhisik ojok ngersulo… :)
    posting aja bu…

  15. 16 reditya Maret 27, 2008 pukul 6:03 pm

    waduh, aku gak ngerti hari ulang tahun kuto kelahiranku dewe e. hehehe…

    yo wis lah, met ultah gawe kuto gresik :D

  16. 17 ipank Juni 2, 2008 pukul 1:10 pm

    gresik…………..
    mana wisatamu??????????

  17. 18 mybenjeng Juni 2, 2008 pukul 4:54 pm

    @reditya
    wah wetone dhewe kok ga ngerti… :)
    @ipank
    iya ya, selain wisata religi makam sunan giri dan sunan maulana malik ibrahim, wisata lainnya apa lagi ya.
    ada ide…?

  18. 19 a'an Juni 10, 2008 pukul 2:25 pm

    sejarahnya mana?

  19. 20 mybenjeng Juni 11, 2008 pukul 10:52 am

    @a’an
    sejarah yang mana? :D
    yang spesisifik deh. kalau memungkinkan akan saya posting di web ini… makasih sarannya…

  20. 21 mariezz Juni 16, 2008 pukul 10:42 am

    wifinya lom nyampek kedung rukem

  21. 22 mybenjeng Juni 16, 2008 pukul 12:26 pm

    @mariezz
    pasang speedy rek…
    ato pake starone ae koyok aku… :D

  22. 25 Lia Agustus 14, 2008 pukul 2:49 pm

    Kug bsa tw ce?????
    Dr mn?????
    Gersik bukan gresik.
    hahahahahahahahahahahahahaha

    Thanks banget yawh ats informsiX. thanks……………….

  23. 26 Lia Agustus 14, 2008 pukul 2:51 pm

    Mank orang arab pd jmn dahulu pernah it cmpr tangan untuk menamai gresik yawh……………………….

  24. 28 mybenjeng Agustus 14, 2008 pukul 2:54 pm

    @ilyas afsoh
    pokoke gak nggregetne ae cak… :)
    _
    @lia
    makanya di sekitar alun-alun banyak penduduk situ yang keturunan arab… cantik2 ganteng2 pula… :D

    @cyp
    slm knl jg. mksh sdh brkunjung…

  25. 29 faried Januari 18, 2009 pukul 10:45 pm

    q doain rabach cpt mati karna da tua
    aaq bnci ma rbcgh
    robach kayak botol artinya bolote kontol
    rabach kayak bojem bolote jembot

  26. 30 faried Januari 18, 2009 pukul 10:47 pm

    q doain rabach cpt mati karna da tua
    aaq bnci ma rbcgh
    robach kayak botol artinya
    rabach kayak bojem bolote

  27. 31 rakailukman Januari 28, 2009 pukul 2:24 am

    piye kabare rek?suwe ra nyopo wong gresikan, aku wong
    gresik seng kuliah na jogja neng ra balek-balek nang omah. gresik tambah panas po? asal usul jenenge gresik kuwi kok ngono oleh teko endi wae awa’e. salam kenal arek jogja, ikatan mahasiswa gresik di DIY

  28. 32 akbar Mei 6, 2009 pukul 8:20 pm

    q seneng dadi wong gresik,amergo kata wadone,wadone gresik niku ayu-ayu lan goyop-goyop tiange

  29. 33 akbar Mei 6, 2009 pukul 8:21 pm

    q seneng dadi wong gresik,amergo kata wadone,wadone gresik niku ayu-ayu lan goyop-goyop tiange

  30. 34 akbar Mei 6, 2009 pukul 8:21 pm

    q seneng dadi wong gresik,amergo kata wadone,wadone gresik niku ayu-ayu lan goyop-goyop tiange

  31. 35 karno Oktober 3, 2009 pukul 1:06 pm

    ya mudah2an aman-aman selalu aja,dan mudah-mudahan Allah selalu memberikan barokah untuk warga GRESIK

  32. 36 indah cantik Februari 3, 2010 pukul 11:45 am

    rumah ku di gresik .tapi di gresik itu……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
    …………………………………………………………..
    ……………………………………………..
    menyenankan sekali………
    he he he……….

  33. 38 sela April 6, 2010 pukul 9:55 am

    wah…. buat gubernur Gresik, q mohon biar daerah wringinanom perbatasan antara Gresik n Mojokerto di urusin. klo bs di kasih WIFI gtu. coz zemuax pd suka Online. apalgi rta2 semuax pelajar n mahasiswa. trus klo bs /4tan legundi itu di kasih lampu merah yg benar biar g macet, kan susah klo q berangkat n pulang scol selalu macet. tolong ya pak, smoga di wujudkan impian warga sni.

  34. 40 fawa al-ashfihani Agustus 26, 2010 pukul 11:52 pm

    buat Gresik,,,,,,,

    maJu terus C@@@@yooooo,,,,,,,

    semoga dengan terpilihnya bupati baru juga biza bawa perubahan baru buat gresik,,,,

    amin…..

  35. 42 khoirul Oktober 10, 2010 pukul 5:26 am

    gresik jadi laa kota di mana bisa jadi panutan di kota@ sebelah kita.
    untuk pendduk pribumi sendiri jaga la nama gresik ini ??

  36. 43 idhamcholidmuhammady April 13, 2011 pukul 6:38 pm

    sisipono karo boso gresik sebab eson yo arek duduk sampeyan lan eso njalok sepuro mergane sek saiki isok moco presentasimu

  37. 44 bagong (bagus) Januari 19, 2012 pukul 12:44 pm

    mas bro semua….
    aku pengen ngenalno gresik…

    aq njaluk tulung sampeyan kabeh….

    ayo podo2 ngangkat budayane gresik…

    tulung sampeyan add facebook q

    bagong_tok@hotmail.com

  38. 45 ayonyetak Januari 29, 2012 pukul 11:02 pm

    Ok. bagi yang pengen menCETAK :

    brosur
    ebook
    novel

    klik http://www.ayonyetak.com

  39. 46 Chaciep Februari 19, 2012 pukul 1:22 am

    banyak juga sebutannya ya

  40. 47 huda satria Maret 3, 2012 pukul 11:44 pm

    Moga kotaku tambah maju dan lbh baik……

  41. 48 xavier eduardo Mei 11, 2012 pukul 9:37 am

    Gresik kota kenangan manis masa lalu yg tak kan pernah kulupa. Pendudukya ramah sopan santun, akhlaqnya tinggi. Semoga menjadi contoh bagi kota2 lainnya di seantero nusantara. Gema adzan lima waktu melantun indah penuh iman. Selamat ultah buat Gresik se isinya.

  42. 49 menyok Mei 22, 2012 pukul 3:19 pm

    tanks ya………aq jdi ngerti asal usul kota gresik

  43. 50 Mief Desember 12, 2012 pukul 12:07 pm

    Gresik sumpek.. tapi masih sumpek iki tetep Kota ku. xixi: )
    salam gawe arek Ultras Mania..

  44. 51 On Sale Lrg Oktober 2, 2013 pukul 1:17 am

    whoah this blog is excellent i love studying your posts.
    Keep up the great work! You already know, a lot of people are hunting around for
    thisinformation, you could aid them greatly.

  45. 52 surik Maret 27, 2014 pukul 11:06 pm

    nek isun ngomong yo pancet gersik duduk [gresik]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: